Tanya Dokter

  • Apakah sering kesemutan itu gejala stroke ?

  • halo dok , mau tanya apakah sering kesemutan itu termasuk gejala stroke ? mengingat ada faktor keturunan juga dari keluarga, padahal contoh kecil saya buang air besar hanya waktu yang sebentar namun mengalami kesemutan,atau tangan / kaki tertindih hanya dengan waktu sebentar juga mengalami kesemutan, kesemutannya masih tergolong ringan, hanya sebentar saja, mohon infonya untuk mengatasi hal tersebut.

    muhammad nur effendi  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Stroke merupakan suatu keadaan dimana terjadi gangguan aliran darah ke otak yang terjadi secara mendadak. Gangguan aliran darah tersebut dapat berupa sumbatan pada pembuluh darah ( stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah ( stroke hemoragik). Stroke biasanya terjadi pada orang dengan faktor resiko, seperti misalnya terdapat gangguan struktur pembuluh darah, obesitas, merokok, darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, usia tua. 

    Kesemutan bukan merupakan suatu gejala stroke. Gejala stroke biasanya terjadi penurunan kesadaran, lemah pada salah sisi tubuh, bicara pelo, penglihatan tiba tiba gelap. 

    Kesemutan yang anda alami mungkin dapat disebabkan karena kekurangan vitamin B. Vitamin B teutama vitamin B12 penting untuk kesehatan saraf tubuh. Kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan terasa kesemutan baik pada tangan ataupun kaki. Selain itu dapat juga menyebabkan rasa kebas. 

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • gangguan elektrolit tubuh
    • gangguan pembuluh darah tepi ( perifer vascular disease)
    • jepitan saraf
    • Neuropati diabetik

    oleh karena itu, lebih baik anda memeriksakan diri secara langsung terlebih dahulu ke dokter , sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan darah jika memang diperlukan. Dengan demikian nanti dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk anda.

    disarankan agar anda mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin B seperti makanan yang berasa dari kacang kacangan, konsumsi banyak ikan dan telur serta susu. Selain itu penting untuk melakukan peregangan dan olahraga secara teratur. Penting untuk tidak merokok karena rokok dapat merusak pembuluh darah.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Kesemutan

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny