Tanya Dokter

  • Apakah seseorang bisa alergi terhadap madu?

  •  Ingemaysuri
    Anggota
    Dok, sy pernah kasih ke orang air panas yang dicampur dengan madu propolis, 2 hari setelah meminum madu tersebut, dia langsung sakit kepala bagian belakang, besoknya badannya demam, dan sekarang mual perutnya.. Apakah itu efek dari minum madu itu sendiri atau dari faktor lain?

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Madu banyak dikonsumsi oleh orang karena berbagai khasiatnya seperti:

    1. Meningkatkan daya tahan tubuh
    2. Meredakan batuk
    3. Membantu penyembuhan luka
    4. Meningkatkan kesuburan
    5. dsb

    Namun terkadang madu dapat berakibat buruk pada beberapa kondisi ini:

    • Pada anak dengan usia kurang dari 1 tahun karena belum matangnya sistem pencernaan sehingga pemberian madu dapat meningkatkan resiko terkena racun botullinum yang merupakan racun bakteri yang terdapat didalam makanan
    • Pada orang yang memiliki alergi serbuk sari (Bee Pollen)
    • Pada jenis madu yang berasal dari nektar Rhododendron (terdapat racun yang menyebabkan nyeri dada dan masalah pada jantung)
    • Madu alami atau yang belum difermentasi juga dapat menyebabkan keracunan pada beberapa orang

    Untuk kondisi yang anda ceritakan, keluhan tersebut bisa saja terjadi akibat konsumsi dari madu. Namun kita tetap perlu memikirkan adanya kemungkinan infeksi pada sistem pencernaan akibat makanan lain yang dikonsumsi dan menyebabkan gastroenteritis atau adanya gangguan pada lambung seperti gastritis.

    Dan untuk memastikannya sebaiknya berkonsultasilah secara langsung untuk mendapatkan tanya jawab yang terarah pada diagnosa dan pemeriksaan fisik secara langsung. Bila dirasa peru mungkin dokter akan menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium darah untuk memastikan apakah terdapat infeksi atau tidak. Untuk sementara hindari konsumsi madu untuk beberapa waktu dan istirahat yang cukup serta konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati