Tanya Dokter

  • Dampak konsumsi air mineral setiap hari

  •  Eka Rahmawati
    Anggota

    Halo Dokter, 

    Saya Eka, 

    Saya ingin menanyakan apakah setiap orang diperbolehkan meminum air mineral setiap hari? Jika boleh berapa takaran normal yang dibutuhkan tubuh setiap harinya? 

    Dan apakah air mineral itu sama saja dengan air putih biasa? 

    Halo Eka Rahmawati,

    Air mineral kemasan yang dijual di pasaran pada hakikatnya mengandung air putih biasa yang sudah melalui proses pengolahan dan pengemasan, sehingga tentu boleh dikonsumsi setiap hari karena memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perlu anda perhatikan beberapa syarat air mineral yang baik untuk dikonsumsi, diantaranya tidak memiliki rasa, bau, warna tertentu, tidak berada di suhu tinggi, dan tidak mengandung zat kimia melebihi batasan yang diizinkan. Pastikan juga saat anda membeli air mineral penjual menyimpan di tempat yang layak, misalnya tidak terkena paparan langsung sinar matahari atau di tempat yang terlalu panas dan bersih. Biasakan membaca label kemasan untuk memastikan bahwa produk yang anda minum memiliki izin edar dari lembaga BPOM.

    Sebenarnya takaran normal baku tidak ada karena setiap orang memiliki kebutuhan yang sangat bervariasi. Untuk usia dewasa disarankan untuk mengkonsumsi kurang lebih 2 liter per hari atau 6-8 gelas per hari, atau setiap kali anda haus tidak diabaikan dan segera minum, karena rasa haus adalah suatu "sinyal" dari otak bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Anda juga dapat memperhatikan warna urin, semakin pekat dan gelap warna urin berarti tubuh membutuhkan lebih banyak cairan. Begitu juga saat melakukan aktivitas lebih berat (misalnya olah raga) sebaiknya minum lebih banyak dari biasanya.

    Anda dapat membaca artikel terkait: air minum yang layak dikonsumsi, manfaat minum air putih

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira