Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika sperma hanya di luar vagina

  •  luthfia
    Anggota
    permisi dok.. saya ingin tanya.. kalau sperma hanya terkena luar vagina dan sudah tercampur oleh air apakah bisa masuk ke rahim dan menyebabkan hamil?

    Dear Luthfia,

    Pada prinsipnya kehamilan akan terjadi apabila sel telur bertemu dengan sel sperma. Sel sperma (walaupun jumlahnya sedikit) dapat masuk ke dalam vagina meskipun hanya terkena di bagian luar vagina dan dapat ke dalam rahim menunju ke saluran telur. Di dalam saluran telur inilah pertemuan sel telur dan sel sperma dapat terjadi.

    Pertemuan sel telur dan sel sperma inilah yang dinamakan pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, dalam waktu 7-10 hari hasil pembuahan ini akan tertanam pada dinding rahim. Setelah itu plasenta akan terbentuk dan hormon hCG akan dihasilkan. Hormon inilah yang akan terdeteksi positif dengan pemeriksaan testpack. Selanjutnya menstruasi tidak terjadi hingga bayi dilahirkan.

    Namun kehamilan baru dapat dipastikan melalui pemeriksaan USG dengan melihat kantong kehamilan yang berisi janin mulai minggu kelima hingga ketujuh setelah pembuahan.

    Jadi kehamilan tetap masih dapat terjadi meskipun sel sperma hanya terkena di luar vagina. Oleh cairan vagina, sperma dapat terbawa masuk ke dalam saluran reproduksi yang lebih dalam. Bila wanita masih dalam masa subur, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan lebih tinggi.

    Berikut artikel yang dapat Anda baca:

    Proses pembuahan
    Hamil muda akibat hubungan intim dini

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya