Tanya Dokter

  • susu yang baik untuk wanita yang sudah menopause

  • siang dok, mau tanya apakah susu yang baik untuk wanita yang sudah menopause ? susu kedelai atau susu sapi ? dan apakah wanita menopause wajib mengkonsumsi suplemen vitamin B komplek ? (ibu saya memiliki riwayat asam lambung).

    terimakasih Dok.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi pada wanita yang terjadi seiring dengan proses penuaan. Jadi memang setiap wanita akan mengalami hal ini. Pada kondisi menopause seorang wanita akan mengalami penurunan hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron. Hormon estrogen ini selain untuk proses reproduksi, juga berperan dalam mencegah pengeroposan tulang dengan menekan kerja sel-sel penghancur tulang. Sehingga proses osteoporosis biasanya dimulai sejak seorang wanita mengalami menopause.

    Untuk susu sebenarnya tidak ada merk khusus yang digunakan untuk wanita yang mengalami menopause. Tetapi bila memang ingin minum susu sebaiknya susu sapi saja dan tidak terlalu berlebihan. Dan lakukanlah konsultasi dengan ahli gizi mengenai asupan makanan apa saja yang memang dapat diberikan untuk ibu Anda. Begitu pula vitamin B kompleks sebenarnya tidak wajib untuk dilakukan karena vitamin hanyalah sebagai suplemen dalam nutrisi ibu Anda.

    Beberapa hal yang dapat ibu Anda lakukan adalah:

    • Atasi keluhan yang biasanya timbul seperti rasa panas, berkeringat, dan jantung berdebar (hot flushes) dengan banyak menggunakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat
    • Perbanyak konsumsi serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan
    • Cukup istirahat
    • Latihan senam kegel
    • Menerapkan teknik relaksasi
    • Hindari merokok

    Bila memang ibu Anda mengalami keluhan lain yang lebih hebat mungkin disertai dengan demam, adanya perdarahan lain, atau nyeri pada daerah vagina, maka sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati