Tanya Dokter

  • apakah saya terkena penyakit HIV?

  •  monalisa
    Anggota

    Dok, sy pernah berhub badan dg bbrp org pria teman sy sekitar 6-7thn yang lalu, sjk th 2010 sy insyaf , dan sampai 2 bln yang lalu kondisi tbh sy msh sehat wal afiat dg berat badan tergolong overwight sampai skg. Tapi sjk 2 bln yang lalu daya tahan tbh sy semakin terasa menurun, trjd pembesaran kelenjar limfa d leher sy, bahkan sy skg terkena bronkopnoumonia, sering nyeri pd otot n tulang sy,gastritis. tapi sy g pnh diare n tdk terkena kandidiasis. Apakah mungkin saat ini sy terkena hiv dok?

    Hai, HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh, seperti berhubungan seksual tidak aman, tranfusi darah yang tercemar HIV, maupun penggunaan jarum suntik bersama. Pada tahap awal orang yang terinfeksi virus HIV akan memberikan gejala seperti demam, tenggorokan sakit, pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan, diare, serta nyeri otot dan persendian.Gejala ini bisa berlangsung hingga 1 bulan. Kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua, yang disebut dengan masa jendela, di mana orang akan merasa sehat, walaupun di dalam tubuhnya sudah mengidap HIV, dan bisa menularkan ke orang lain. Tahap ini bisa berlangsung bertahun-tahun. Tahap akhir yaitu AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), kondisi di mana daya tahan tubuh sudah lemah dan mudah terserang penyakit. Biasanya ditandai oleh:

    • pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan pangkal paha
    • demam lama
    • penurunan berat badan tanpa diketahui sebabnya
    • diare kronis
    • infeksi jamur di mulut, tenggorokan, atau vagina
    Untuk mengetahui apakah tubuh terkena HIV, sebaiknya melakukan tes darah, yaitu dengan pemeriksaan antibodi HIV. Masa jendela HIV cukup lama, sehingga diperlukan tes beberapa kali jika merasa berisiko terinfeksi HIV. Tes dapat dilakukan di puskesmas, klinik, atau rumah sakit yang sudah menyediakan fasilitas untuk tes HIV. Halaman berikut membahas lebih detail tentang HIV/AIDS: http://www.alodokter.com/hiv-aids/   Semoga bermanfaat, Dr.Jessica Winoto