Tanya Dokter

  • Apakah tanda2 scabies di penis sudah sembuh?

  • Selamat malam dokter. Sudah 3 hari ini scabies di batang penis dan kepala penis saya saya obati dengan salep scabimite dan minum obat antibiotik. Selama 3 hari ini rasa gatal sudah hilang, tapi bentol di kemaluan saya masih ada. Apakah saya infeksi scabies di penis saya sudah sembuh sepenuhnya? Dan apakah sudah aman bagi saya dan pasangan dengan kondisi saya sekarang, saya melakukan seksual intercourse? Jika belum, apa saja tanda2 scabies di penis sembuh? Saya mohon agar pertanyaan saya ini bisa segera anda jawab. Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih untuk jawaban dari dokter.
    Zulkifli Aulia Rakhman  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Zulkifli, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Skabies merupakan infeksi kulit akibat kutu / tungau yang bernama sarcoptes scabiei. Kutu ini dapat menular secara langsung melalu kontak dengan kulit, atau melalu perantara seperti seprei, baju, handuk, dan sebagainya (kutu ini akan memakan sel kulit mati yang berada pada benda tersebut). Mengingat kondisi ini mudah sekali menular maka umumnya gejala ini juga akan dialami oleh orang disekitar Anda terutama yang tinggal bersama dengan Anda.

    Penanganan untuk kondisi ini sudah betul dengan salep yang Anda gunakan, dimana cara penggunaannya ini dibiarkan selama beberapa waktu ( sekiatar 12-24 jam) pada seluruh bagian tubuh kecuali wajah agar mencapai efek maksimal dalam membunuh kutu. dan kemudian dibilas dengan air bersih. Pengobatan ini diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan bahwa seluruh kutu telah mati. Namun penggunaan anitbiotik sistemik (dikonsumsi) umumnya tidak dianjurkan kecuali terdapat kondisi infeksi sekunder pada luka -- dimana pada kondisi adanya infeksi sekunder (baik karena bakteri, jamur, parasit, dsb) maka seharusnya kondisi tersebut ditangani terlebih dahulu sebelum menggunakan salep untuk skabies. 

    Tanda kesembuhan adalah menghilangnya ruam kulit, dan tidak adanya gejala yang seperti dialami Anda saat ini. Selama masih menimbulkan gejala kami sarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual karena dapat menularkan pada pasangan Anda (sebaiknya gunakan kondom untuk menghindari penularan). Mengingat penularan tidak hanya melalui hubungan seksual saja -- maka perlu penanganan secara bersamaan pada anggota keluarga Anda (bila memang merupakan suatu skabies)

    Kami tidak dapat memastikan kondisi Anda secara pasti (sembuh atau belum / merupakan suatu skabies atau bukan), mengingat banyak kondisi lain yang menyerupai skabies, terutama pada daerah kelamin. Kami sangat menyarankan Anda menemui dokter atau dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut. Sementara yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

    • Menyapu, memvakum seluruh lantai dan karpet dalam kamar Anda.
    • Menjemur kasur dalam panas matahari.
    • Merendam seluruh tirai, sprei, baju, bed cover, selimut dll (terutama yang Anda pakai dalam 1 minggu terakhir) ke dalam air panas dan kemudian mencuci dan menjemurnya dibawah panas matahari.
    • Jika lemari Anda terbuat dari kayu dan kondisinya cukup lembab maka berikan anti lembab dan kamper pada lemari/ mengganti lemari kayu Anda dengan lemari plastik.
    • Mengganti tirai, sprei, selimut dll seminggu - 2 minggu sekali.
    • Jemur bantal dan guling Anda.
    • Melakukan pengobatan secara bersamaan pada anggota keluarga lain yang mengeluhkan kondisi serupa

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo