Tanya Dokter

  • Penyebab hasil testpack positif pada penderita kista

  •  aliasa
    Anggota
    Dok..klo tidak hamil tp hasil testpack positif tp memiliki penyakit kista atau tumor apa itu juga yg bisa menghasilkan hasil testpack positif?apa hasil testpack bisa positif jika ada gangguan tumor atau kista didalam vagina kita?

    Halo, Aliasa.

    Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon hCG dapat dideteksi dalam darah maupun urine pada 6-12 hari setelah terjadinya pembuahan.

    Untuk kista, hal ini tidak mempengaruhi hasil test pack, karena test pack akan positif bila mendeteksi adanya hormon HCG. Pada pemeriksaan dengan tast pack, terdapat kemungkinan hasil positif namun sebenarnya tidak hamil yang disebut dengan false positive atau positif palsu. Hal ini dapat disebabkan akibat konsumsi obat tertentu, hamil kimia dan hamil anggur, alat testpack terlalu lama direndam dalam urin, dan bisa juga akibat adanya tumor yang menghasilkan hormon HCG.

    Untuk memastikan kehamilan pada usia kurang dari 6 minggu, ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan USG transvaginal. Sehingga dapat diketahui dengan pasti apakah Anda mengalami kehamilan atau tidak.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

    dr Taneya Putri Zahra