Tanya Dokter

  • Termasuk campak atau tidak?

  • Siang dok.. Nama saya dian. Saya mau nanya dok.. teman yg saat ini satu kamar dengan saya tiba2 melihat bintik2 merah pada kakinya. Sementara dia tidak memiliki gejala2 campak lainnya.. Apakah ini yang dinamakan campak dok?.. dan apakah penyakit ini bisa menular kepada saya yang sama sekali belum pernah terkena penyakit campak dok?.. Terima Kasih dok..

    Hai, Bintik-bintik merah pada kaki dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, bukan hanya campak. Contoh penyakit yang dapat menimbulkan bintik merah pada kaki :

    1. infeksi virus - seperti cacar air, campak, herpes zooster
    2. infeksi jamur - seperti kurap (tinea)
    3. infeksi parasit - kudis (skabies), pedikulosis
    4. dermatitis kontak alergi, yaitu timbul ruam pada kulit akibat kontak langsung kulit dengan bahan yang menimbulkan reaksi alergi
    5. dermatitis kontak iritan, ruam pada kulit akibat kontak langsung dengan bahan / zat yang mengiritasi kulit
    6. dan lainnya
    Pada kasus campak, ruam merah kecoklatan biasanya timbul menyeluruh di seluruh tubuh. Ruam biasanya pertama timbul pada kepala di daerah belakang kuping lalu menjalar hingga akhirnya sampai ke kaki. Selain ruam kulit penderita campak juga biasanya mengalami mata merah, batuk, sakit tenggorokan dan gejala lainnya. Campak dapat menular melalui udara, dan siapa saja bisa terkena campak, terutama orang yang belum pernah menderita campak dan yang belum pernah divaksin campak sebelumnya. Untuk membaca lebih lengkap Anda dapat membuka halaman berikut : Campak Untuk menentukan apakah yang menyebabkan bintik merah pada kaki tersebut perlu adanya pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter perlu untuk melihat secara langsung bentuk ruam pada kulit tersebut, dan juga melakukan beberapa pemeriksaan penunjang, seperti mengambil sedikit sampel kulit untuk diperiksakan lab, dan lainnya. Pengobatan yang diberikan untuk mengatasi keluhan teman Anda akan berbeda tergantung apa yang menjadi penyebabnya.     Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.