Tanya Dokter

  • apakah ini termasuk DM tipe 1 atau tipe 2?

  • Dok, bulan agustus kemarin saya priksa gula darah dan gula darah 2 jam setelah makan yg meningkat sampai 204 trus tes urinenya normal (bukan kencing manis) apakah saya termasuk DM TIPE 1 atau TIPE 2 trus bagaimana caranya supaya berat badan saya normal kembali soalx BB saya turun drastis.

    Hai, DM tipe 1 ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus) merupakan penyakit metabolik dimana pankreas tidak mampu memproduksi insulin sama sekali sehingga kadar gula akan meningkat. Biasanya DM tipe 1 menyerang remaja/ anak - anak (< 40 tahun) dan karenanya disebut juga juvenile diabetes. Penyebab DM tipe 1 ini belum jelas namun beberapa penelitian menyebutkan faktor gen dan ekspose terhadap virus tertentu bisa memicu terjadinya DM tipe 1 ini. http://www.alodokter.com/diabetes-tipe-1/ DM tipe 2 ( Non insulin Dependent Diabetes Mellitus) merupakan penyakit metabolik dimana pankreas tidak cukup memproduksi insulin atau sel dalam badan tidak bereaksi terhadap insulin yang diproduksi. DM tipe 2 biasa terdiagnosa pada usia tua (> 40 tahun) . Penyebab DM tipe 2 juga belum pasti namun faktor pemicu yang menyebabkan terjadinya DM tipe 2 adalah :

    1. Kegemukan
    2. Pola makan yang jelek (Junk food, tinggi kadar gula dan karbohidrat)
    3. Kurangnya olahraga.
    http://www.alodokter.com/diabetes-tipe-2/   Untuk pemastian diagnosa Diabetes adalah dengan menggunakan tes darah, yaitu :
    1. HbA1C = merupakan salah satu indikator tentang kadar gula dalam darah Anda selam kurang lebih 3 bulan terakhir.  Nilai normalnya < 6 %. Jika nilai HbA1C Anda diatas 6,5% maka Anda positif mengidap Diabetes Mellitus.
    2. Glukosa Darah Sewaktu = pengecekan kadar gula kapan saja. jika Kadarnya > 200 mg/dl maka kemungkinan Anda mengidap Diabetes.
    3. Glukosa darah puasa  = pengecekan kadar gula saat Anda puasa 8 jam kemudian setelah pengambilan darah saat Anda puasa. Kadar normal puasa <100 mg/dl dianggap normal, 100-125 mg/dl dianggap pre diabetes ( belum diabetes tapi resiko tinggi terjadi diabetes) , >126 mg/dl maka kemungkinan Anda diabetes.
    Jika ternyata Anda telah positif diabetes maka dokter akan memeriksa adanya :
    1. AutoAntibodi yang umum terdapat di DM tipe 1.
    2. Keton pada Urin yang umum terdapat pada Dm tipe 1.
    Kedua pemeriksaan diatas akan membedakan Anda terkena DM tipe 1 atau tipe 2. Berat badan yang turun drastis saat penyakit diabetes belum terdiagnosa akan kembali bertambah seiring dengan pengobatan yang dilakukan. Jika pola makan dan olahraga serta pengobatan telah dilaksanakan dengan baik dan dicapai kadar gula yang sehat maka perlahan berat badan akan bertambah. Untuk mencapai berat badan ideal tentu memerlukan waktu apalagi jika penurunan berat badan sebelumnya sangat banyak. Langkah yang bisa Anda lakukan :
    1. Makan gizi seimbang.
    2. Hindari penggunaan gula berlebih.
    3. Atur porsi makan kecil tapi sering, pada diabetes dibagi menjadi 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil.
    4. olahraga ringan dan teratur.
    5. cukupi asupan air putih.
    Semoga membantu.   dr. Yusi