Tanya Dokter

  • Mengidolakan artis berlebihan, termasuk gangguan kepribadian kah ?

  •  Nida Masrurah
    Anggota

    Hallo dokter, saya nida mahasiswa psikologi di salah satu universitas swasta. Saya menemukan kasus seorang yang mengidolakan artis sangat berlebihan sampai2 ia ingin (dan pernah berkhayal) hidup bersama artis tersebut, bukan sebagai pasangan, tapi sebagai adik atau org yg benar2 dekat dgn artis tsb. Btw dia perempuan dan artis yg dia idolakan juga perempuan dan artis korea. Yang mau saya tanyakan adalah apakah dari kasus tersebut termasuk salah satu gangguan kepribadian? Terimakasih dok

    Hai Nida, Mengidolakan seseorang secara psikologis adalah hal yang normal. Banyak remaja atau orang usia dewasa muda mengidolakan seseorang dalam hidupnya sebagai bagian dari mencari jati diri, atau kagum dengan kemampuan atau kesuksesan sang idola tersebut, dan ingin seperti yang diidolakan. Mengidolakan secara berlebihan, tidak termasuk dalam gangguan psikologis. Menguntit dan posesif masih termasuk dalam gangguan behaviour. Tetapi jika sudah terdapat gangguan delusional, maka ini termasuk gangguan psikologis dan membutuhkan penanganan khsus. Gangguan delusional yang dimaksud adalah misal: menganggap sang idola juga menyukainya, berpacaran dengannya, memiliki hubungan khusus  dengan sang idola, yang dalam kenyataannya tidak benar. Baca: Gangguan delusional Yang perlu dilakukan adalah:

    • Ajak teman Anda untuk melihat lebih luas tentang orang orang lain yang memiliki kelebihan, tanpa harus mediskreditkan idola pilihannya
    • Mengingatkan bahwa, mengidolakan seseorang seharusnya mendorong kita juga untuk memiliki prestasi dan kemampuan seperti sang idola.
    • Mengajak teman Anda untuk melakukan hal hal kreatif dalam ruang lingkup yang berhubungan dengan sang idola, agar tidak terjebak pada mengidolakan semata, tetapi memiliki tujuan yang baik dalam mengidolakan sesuatu.
    • Suport teman Anda untuk hal hal positif yang dilakukannya
    • Jika ada tanda tanda gangguan psikologis, beritahukan hal tersebut kepada keluarga terdekatnya.
    Demikian, semoga bermanfaat