Tanya Dokter

  • Hasil test HIV non-reaktif namun muncul bintik merah dan gatal pada tubuh

  •  Marco
    Anggota

    Selamat siang dok. Saya telah melakukan hubungan intim tnpa kondom dgn wanita yg sy tdk kenal. Setelah 3 bulan sejak kejadian itu saya memberanikan diri untuk tes hiv d puskesmas setempat dan hasilnya adalah non-reaktif. Puskesmas tersebut menggunakan metode rapid test hexagon. Yang saya ingin tanyakan adalah: (1) apakah hasil tes hiv setelah 3 bulan tersebut sudah 100%/konklusif? (2) apakah hasil tes hiv di tempat seperti puskesmas dapat dipercaya sepenuhnya? (3) setelah 3 bulan tersebut saya ada gejala seperti bintik2 merah tetapi tidak byk dan sering gatal2 apakah mngkn saya terinfeksi dan hasil tes tersebut false negatif? (4) jujur saya agak krg percaya dgn hasil yg dikeluarkan oleh puskesmas saya takut pekerja lab puskesmas trsebut lalai haruskah saya tdk mnghiraukannya? Terima kasih atas jawabannya sebelumnya dok. Salam sehat.

    Halo Marco, Hasil tes yang non reaktif menandakan anda tidak terinfeksi HIV. Untuk hasil yang negatif dapat anda lakukan tes ulang lagi 3 bulan kemudian jika merasa kurang yakin. Penularan HIV melalui hubungan seksual per vagina (bukan anal) tergolong sangat kecil. Saya akan mencoba jawab lagi pertanyaan anda yang nomer dua dan seterusnya. Hasil tes di puskesmas dapat anda percayai sepenuhnya karena bahan yang digunakan untuk tes sama dengan bahan yang digunakan di tempat lain. Bintik merah yang muncul dan sering gatal dapat merupakan gejala penyakit kulit. Tidak ada gejala yang khas dari HIV saat 3 bulan pertama selain gejala seperti penyakit flu yang berupa demam, nyeri pada badan, sakit kepala, dsb. Anda dapat mempercayai hasil dari puskesmas. Jika anda ingin mendapat hasil yang lebih pasti dan membuat anda yakin, anda dapat memeriksakan diri ke Rumah Sakit dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Pemeriksaan yang akan dilakukan kemungkinan akan sama dengan yang di puskesmas. Berikut beberapa tips untuk anda:

    • Gunakan pengaman saat berhubungan dengan pasangan lain
    • Gunakan pelumas jika ingin berhubungan melalui anal, akan tetapi hal ini tidak mencegah sepenuhnya
    • Jangan berganti-ganti pasangan
    Diskusi ini bermanfaat juga untuk disimak. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    Marco  Marco
    Anggota

    Terima kasih banyak dok atas jawabannya. Jadi... saya tdk perlu khawatir lagi kan, karena hasil tersebut sudah 100% menunjukkan saya tidak terinfeksi hiv?. Saya mau tanya lg dok, apakah ada resiko tertukar hiv saat berciuman dgn odha dimana kondisi mulut saya sedang sariawan?. Terima kasih atas jawabaanya dok. Salam sehat.

    Marco  yogi12
    Anggota

    Siang dok.. apa alasannya hubungan pervagina tingkat penularan sangat kecil? Karena saya juga sedang parno dengan hal ini dok. Seberapa besar kita bisa mempercayai hasil tes rapid yang ada pada klinik swasta dok. Dapatkah kita mempercayai hasil jika di lakukan setelah window period yaitu 3 bulan setelah paparan?