Tanya Dokter

  • Apakah Thalasemia bisa di sembuhkan?

  •  Rizky Pratama
    Anggota
    Selamat Malam dok. Ibu saya seorang penderita Thalasemia beta, apakah berarti ibu saya juga penderita anemia? Ibu saya juga sangat rutin check darah dan konsultasi ke dokter,juga rutin minum obat sesuai resep dokter serta menjalani pola hidup sehat. Namun hasil check nya tidak kunjung membaik, justru tetap di bawah rata rata, contoh HB nya 11,3. apakah penyakit ini bisa di sembuhkan dok? oh iya umur ibu saya 40 tahun. mohon penjelasan nya dok :).

    Terima kasih Rizky Pratama atas pertanyaannya.

    Thalasemia merupakan suatu kelainan darah yang diturunkan secara genetika di mana penderitanya mempunyai susunan hemoglobin yang tidak normal. Thalasemia memang ada tipe-tipenya berdasarkan struktur kelainan hemoglobin tersebut (Ibu Anda menderita yang tipe beta).

    Thalasemia berbeda dengan anemia. Anemia adalah kondisi dimana seseorang mempunyai hemoglobin yang rendah. Namun, anemia adalah salah satu tanda dan gejala thalasemia. Hal ini disebabkan struktur hemoglobin yang tidak normal tersebut membuat hemoglobin menjadi lebih cepat dipecah sedangkan tubuh belum sempat membuat hemoglobin yang baru.

    Mohon maaf sebelumnya, hingga saat ini thalasemia belum dapat disembuhkan karena penyebabnya adalah genetik. Yang dapat dilakukan adalah dengan rutin berobat agar thalasemia tidak sampai komplikasi ke berbagai organ yang lain seperti jantung, limpa, tulang, dan lain-lain.

    Pengobatan untuk thalasemia dapat dengan obat-obatan dan transfusi darah (jika Hb nya rendah). Obat-obatan yang digunakan berguna untuk mengurangi penumpukan zat besi yang terjadi karena frekuensi transfusi yang sering. Memang saat ini ada transplantasi sumsum tulang, namun hal ini belum rutin dilakukan dan mengandung berbagai risiko.

    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang merawat Ibu Anda mengenai hal ini. Anda juga harus mengingatkan Ibu Anda untuk rutin berobat dan menjalani pola hidup yang sehat.

    Anda dapat membaca artikel terkait:

    Thalasemia

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya