Tanya Dokter

  • Apakah berbahaya mendapatkan vaksinasi rabies dan tetanus bersamaan?

  •  Erik Ka
    Anggota

    dok kemaren saya di gigit anjing sudah di kasi VAR, sekarang saya terkena paku, apakah tidak ada masalah jika saya suntik tetanus? masalahnya baru kemarin suntik var, atau butuh waktu tenggang.

    Erik Ka  Erik Ka
    Anggota

    tolong di jwab dok

    Halo,   Tidak masalah Anda mendapatkan suntikan tetanus saat ini karena dua jenis suntikan vaksin rabies dan tetanus adalah suntikan yang berbeda. Justru Anda perlu mendapatkan suntikan tetanus jika ada riwayat tertusuk paku. Anda bisa menolak suntikan tetanus jika Anda baru saja mendapatkan suntikan tetanus sebelumnya (<6 bulan). Namun jika Anda belum memiliki riwayat mendapat suntikan anti tetanus maka sebaiknya Anda mendapatkannya untuk mencegah terjadinya infeksi tetanus pada diri Anda. Suntikan tetanus bisa terdiri dari 2 jenis yaitu :

    1. Tetanus toxoid
    2. Anti tetanus serum (ATS)
    Tetanus toxoid adalah sejenis vaksin berisi bagian kuman tetanus yang dilemahkan untuk membuat tubuh membentuk antibodi terhadap tetanus. Sementara ATS adalah berisi anti tetanus yang biasa langsung disuntikan pada kasus tertusuk paku atau curiga infeksi tetanus agar tubuh memiliki kekebalan sementara dalam memerangi kuman tetanus tersebut. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi