Tanya Dokter

  • Solusi untuk gigi geraham yang rusak dan berlubang

  • Halo dokter,

    Saya masih berumur 16 tahun, dan saya sudah mengalami kerusakan hingga menyebabkan lubang pada kedua gigi geraham atas, bawah pada kanan dan kiri gigi saya. Dan sekarang saya sering mengalami ngilu dan nyeri yang sangat sakit. Padahal saya sudah rajin menyikat gigi saya dok. Apa yang harus saya lakukan? Jika saya mencabut gigi saya semua, maka saya tidak ada geraham lagi dan jika dilakukan penambalan, saya takut akan ada kerusakan lagi pada tambalan itu. Terimakasih dokter.

    Hai,   Sebaiknya Anda menemui dokter gigi dan memeriksakan kondisi kedua gigi Anda secara seksama. Dengan demikian dokter gigi akan bisa menilai kondisi gigi Anda dan memberikan pengobatan yang paling sesuai untuk kondisi gigi Anda. Anda bisa saja mencabut gigi Anda dan menggantinya dengan gigi palsu jika Anda takut tidak memiliki gigi geraham lagi. Namun tindakan penambalan juga boleh dilakukan asalkan kondisi gigi memungkinkan untuk dilakukan penambalan. Jika kondisi gigi sudah berlubang cukup parah, Anda bisa melakukan pembuatan jaket gigi sehingga gigi akan terlihat seperti gigi yang sehat. Tentunya kesemuanya memerlukan tindakan perawatan saraf gigi agar tidak timbul nyeri / linu di kemudian hari pada gigi yang ditambal / dibuat jaket gigi. Beberapa pilihan Anda untuk menangani gigi Anda yang berlubang adalah :

    1. Mencabutnya dan menggantinya dengan gigi palsu.
    2. Jaket gigi.
    3. Implan gigi.
    4. Menambal gigi.
    Konsultasikan dengan dokter gigi pilihan terapi terbaik untuk kondisi Anda. Baca artikel berkaitan keluhan Anda : Semoga membantu.   dr. Yusi