Tanya Dokter

  • Apakah Usia 21 Tahun Ada Kemungkinan Alzheimer Dok..?

  •  R D
    Anggota

    Selamat Pagi Dok, Saya Mau Tanya Skrg Kan Usia Saya Msh 21thn.. Saya Ini Orgnya Gampang Sekali Lupa, Ini Berawal Sekitar 3 Tahun lalu, Awalnya Saya Merasa Cemas Berlebihan Smpai2 Jantung Saya Berdegup Kencang, Perasaan Galisah Dan Badan rasanya 5L Saat Saya Msh Disekolahpun Saya Jga Merasakannya..  Selama Hampir 1 bulan Saya Merasakan Hal Itu, setelah 1 bln  Kadang Jga Saya Msh Merasakan Hal Itu Tpi Tdk Intens Dan Disitu Saya Mulai Mudah Lupa.. Skrg Saya Merasa Klau Otak Saya Tdk Seperti Dlu Krna Saya Yg Skrg Bnar2 Sulit Mengingat Dan Harus Pkai Hp Utk mencatat Sesuatu Krna Meskipun Saya Ingat Saya akan Lupa Kembali.. Utk Masalah Sosialisasi Saya Jga Terganggu Saya seringkali Nggak Nyambung Kalau Diajak Bicara, Selain Itu Saya Jga Sepertinya Ada Social Anxiety disorder.. Saya Jga Sering Kali Kesulitan Merangkai Kata2 Pada Saat Percakapan Dgn Org Lain,smpai2 bbrp Org tersinggung dgn Kata2 Dan Sikap Saya Yg Sebenarnya Tdk Ada Maksud Jelek Tpi Saya Menyampaikannya Dgn Cara Yg Salah, Kira2 Saya Kenapa Ya Dok Apa Ini Alzheimer..?

     

    Terimakasih..

    Halo,   Gangguan daya ingat belum tentu disebabkan alzheimer, palagi alzheimer memiliki resiko tinggi terjadi pada usia tua (>65 tahun), walaupun ada namun kemungkinan Anda terserang alzheimer di usia <30 tahun sangatlah kecil kemungkinannya. Gangguan daya ingat bisa disebabkan karena :

    1. Trauma otak/ cedera kepala
    2. Stress berlebih, serangan panik, kecemasan dll
    3. Kebiasaan merokok, minum alkohol yang ekstrem
    4. Stroke
    5. Efek obat tertentu
    6. Defisiensi vitamin
    7. Anemia berat yang kronis
    8. Kualitas tidur yang buruk / insomnia kronis.
    9. Penyakit pembuluh darah otak
    10. Gangguan tiroid, gangguan liver dll.
    11. dll.
    Untuk memastikan kondisi Anda maka pemeriksaan fisik secara langsung ke dokter akan diperlukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes medis seperti CT SCAN, MRI, tes darah, pemeriksaan psikologi, mini mental state dll untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Baca topik Bisakah alzheimer terjadi di usia dini ? Cukup istirahat, makan giziseimbang, kelola stress, relaksasi dan olahraga rutin bisa membantu Anda hidup sehat dan memperbaiki kualitas memori Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    R D  R D
    Anggota

    Termakasih Banyak Dok..