Tanya Dokter

  • Nyeri perut kanan bawah dan mual

  • Malam dok, saya mau tanya. Sudah lama saya sering sakit perut dibagian kanan bawah. Badan belakang saya tepatnya dibagian kanan bawah juga sakit dok. Tapi untuk makan, saya biasa aja. Nafsu nafsu aja. Tapi kalau abis makan yang kacang kacangan sama mie atau pedes, nambah sakit. Kalau ditekan sakit. Untuk demam, saya demamnya tidak beraturan dok. Bisa tiba tiba demam. Tapi kalau mual, terus terusan dok. Malah makin parah. kebetulan saya juga punya penyakit magh dok. Sebenernya saya sakit apa ya dok?
    Nida Nur Rohmah  Nida Nur Rohmah
    Anggota
    Mohon dijawab ya dok. Saya sangat takut terjadi apa apa. sebelumnya terima kasih

    Hai Nida,

    Nyeri perut pada dasarnya penyebabnya dapat beragam, sehingga untuk dapat memastikan penyebab nyeri perut yang Anda alami tentunya akan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Baik penyakit maag maupun radang usus buntu keduanya memang dapat menimbulkan gejala sakit perut, namun karakteristiknya berbeda. Sakit perut akibat penyakit maag umumnya timbul pada perut sebelah kiri atas. Selain itu dapat pula timbul gejala lain seperti nyeri ulu hati yang dapat menembus ke punggung, mual, muntah, perut kembung, atau cepat merasa kenyang.

    Sedangkan sakit perut pada radang usus buntu umumnya timbul pada area perut kanan bawah. Kondisi ini umumnya dapat disertai dengan gejala lain seperti demam, mual, muntah, diare atau konstipasi, maupun perut kembung.

    Namun demikian, nyeri perut sebelah kanan seperti yang Anda alami dapat pula timbul akibat kondisi medis yang lain seperti:


    Untuk dapat memastikan penyebab kondisi yang dialami sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa secara langsung, baik melalui pemeriksaan fisik (dengan pengamatan langsung dan perabaan) maupun tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah, tes urine, atau CT Scan). Dengan demikian maka penyebabnya dapat diidentifikasi sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Makan secara teratur dan jangan terlambat makan
    • Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas
    • Minum cukup air putih minimal 2 liter sehari
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    • Hindari memijat atau mengurut bagian perut yang sakit
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab sakit perut sebelah kanan

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman