Tanya Dokter

  • Vaksinasi rabies setelah digigit anjing liar

  •  Rahardy Putra
    Anggota

    Saya digigit anjing liar (tidak tau pemiliknya dan tidak tau masih hidup/tidak) 19 april 2015 lalu, saya sudah mendapatkan var di hari 0 2x suntik dan seminggu berikutnya 1x suntik, namun karena wilayah saya mengalami kelangkaan stok var, saya dapat var3 tepat sebulan dari yang dianjurkan yakni 11 mei menjadi 11 juni 2015, namun karena ketakutan saya akan var3 ini yang terlambat sebulan, saya memutuskan utk MENCARI VAR LAGI sebanyak 2xdalam selang waktu seminggu (total 6x vaksin dari digigit) Dok, apakah sudah aman vaksin tsb dok? Saya sangat khawatir karena var3 itu terlambat sebulan dari yang dianjurkan.

    Rahardy Putra  Rahardy Putra
    Anggota

    Tolong dokter..

    Halo,   Rangkaian vaksinasi rabies yang disarankan memang diberikan sebanyak 4 kali suntik dalam 3 kali pemberian yaitu :

    1. suntikan pertama sebanyak 2 kali pada hari gigitan (h-0)
    2. suntikan ke 2 pada h+7
    3. suntikan ke 3 pada h+14 sampai h+35 ( 2-3 minggu setelah suntikan kedua)
    Jadi sebenarnya suntikan VAR Anda yang ketiga tidak terlalu terlambat dari jadwal yang ditentukan. Pada umumnya dengan pemberian 3 kali VAR maka antibodi akan terbentuk sempurna. Karena Anda sudah terlanjur menyuntik VAR sebanyak 6 kali maka sudah bisa dianggap bahwa Anda sudah kebal terhadap rabies dan Anda sudah dalam kondisi aman. Untuk lebih menjaga kekebalan maka sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi lanjutan setahun setelah vaksinasi terakhir dan setiap 5 tahun sekali setelahnya jika Nada adalah orang yang sangat rentan terinfeksi rabies ini. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.