Tanya Dokter

  • Kepala pusing berputer disertai mual dan lemas

  • Hallo dokter, saya mau bertanya. Dari kemaren saya mengalami kepala pusing yang berputar saat akan dan bangun tidur dengan perasaan mual serta lemas. Akan tetapi setelahnya kondisi badan baik" saja asalkan tidak ditidurkan. Setelah dicek tekanan darah saya sekitar 100 dan Bertepatan ini juga saya mengalami menstruasi. Apakah saya mengalami vertigo atau tekanan darah rendahya dokter soalnya saya kebinggungan. Terima kasih

    Halo Vika......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gejala yang Anda alami kemungkinan besar memang mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai vertigo, yaitu merupakan suatu kondisi dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba - tiba.

    Gejala lain yang berhubungan dengan vertigo adalah kehilangan keseimbangan. Tanda tanda ini akan memicu pengidap vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, mual, muntah, berkeringat, kadang disertai dengan gerakan mata yang tidak normal, dan juga pusing.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu timbulnya vertigo, diantaranya adalah : BPPV --- vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu, migrain, vestibular neuritis, tumor otak, trauma atau luka di kepala dan leher, obat - obatan tertentu yang akhirnya memicu kondisi ini, dan lain sebagainya.

    Kami menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis neurologi atau saraf, jika vertigo yang Anda alami sudah sering mengalami kekambuhan, sehingga dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    VERTIGO

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati