Tanya Dokter

  • Apakah yang terjadi pada kulit saya?

  •  kiky2000
    Anggota

    Selamat malam, dok. Saya ingin bertanya mengenai gatal-gatal yang terdapat di kulit lengan saya dan juga di sekitar pergelangan tangan.

    Awalnya kulit saya berwarna merah dan terasa gatal seperti digigit nyamuk. Tetapi setelah digaruk, bukannya bentol-bentol seperti yang biasa terjadi akibat gigitan nyamuk, kulit saya malah menjadi luka dan berwarna merah serta kulitnya seperti terkelupas karena mengeluarkan cairan bening dan juga darah.

    Luka-luka yang terjadi pada titik rasa gatal memang tidak parah tetapi juga tidak kunjung sembuh. Saya mencoba mengobati dengan obat merah tetapi tidak ada hasil. Rasanya masih saja gatal hingga saat ini walaupun kulit sudah merah, terkelupas dan berdarah.

    Pertanyaan saya adalah apakah penyebab dari gatal-gatal ini, dok? apakah karena gigitan serangga (yang menurut saya begitu karena beberapa hari lalu banyak semut yang hinggap di tangan saya)? kalau iya, bagaimana cara menghentikan rasa gatalnya? obat apa yang cocok?

    Sebelumnya saya berterima kasih dan juga meminta maaf apabila banyak pertanyaan.

    Hai, Untuk mengetahui penyebab pasti, perlu dilihat secara langsung apa yang dialami di kulit anda. Jika karena gigitan serangga, maka akan tampak kemerahan, gatal, terasa menyengat dan sedikit membengkak. Tetapi kemungkinan lain adalah

    1. Eksim
    2. Biduran
    3. Infeksi Kulit
    4. Kulit kering
    5. Kudis
    6. Infeksi jamur
    7. dll
    Jika gatal sebaiknya jangan digaruk karena akan memberikan sensasi gatal yang berlebihan dan iritasi bahkan infeksi dikulit. Kompres dingin bagian yang gatal agar dapat mengurangi rasa gatal selanjutnya konsultasilah ke dokter agar dapat diberi penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Baca juga artikel tentang Resiko penyakit serius di balik kulit gatal Salam, dr.Agnes Maureen