Tanya Dokter

  • Pertumbuhan kuku setelah dicabut

  • Hallo dok...sya mW tnya..tdi barusan sya cabut kuku dpuskesmas krn 2minggu yg lalu prnah kena cantengan smpai bagian akar tengah kuku merenggang lepas Dari daging'y..skr udh smbuh cm kuku'y yg tengah udh gk nempel lg sdgkn sisi kanan kiri n atas msh nempel...krn tkut tmbuhy gk rata jd dcabut aja prwat'y blg jg udh infeksi...yg ingn sy tnyakn apakh nti kuku sya bs tmbuh sprti kuku awal ato normal? Krn ada yg blg bs jg tmbuh tp sprti gumpaln daging aja tdk bgus n rata...spya cepat tumbuh n bgus kuku'y sprti smula apakh yg hrz sy lakukn trutama mkanan apa yg mesti sya konsumsi biar cpt tmbuh'y n bgus?... N brpa lama tmbuh'y...terimakasih dok

    Halo,   Jika kuku Anda tidak memiliki penyakit lain seperti infeksi jamur , iritasi kimia dll maka kuku Anda bisa tumbuh seperti normal.Namun pertumbuhan kuku akan membutuhkan waktu cukup lama (hitungan bulanan). Baca artikel Cantengan. Pada beberapa kasus 3 bulan setelah pencabutan kuku total, maka kuku akan mulai nampak dari nail bud (akar kuku). Pada kasus terekstrem kuku baru pulih sempurna dalam waktu 3-6 bulan. Tidak ada makanan khusus untuk memperindah bentuk kuku Anda atau mempercepat pertumbuhannya. Perbanyak konsumsi protein dan makan nutrisi seimbang serta hindari trauma berulang pada tempat kuku tumbuh agar kuku bisa tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Princess Chloe  Bella Chia
    Anggota

    Maaf , saya mau bertanya pada anda. Anda melakukan pencabutan kuku itu , rasanya sakit ? Atau anda di bius terlebih dahulu? Maaf jika saya tidak sopan .. Soalnya saya sedang mengalami catengan dan tidak kunjung sembuh.. Saya ingin pergi ke dokter , tapi saya takut .. Karena saya juga sedang hamil .. Mohon dijawab ya?

    saya pengalaman nih soal cantengan dan pencabutan kuku oleh dokter. agak jantungan sih ketika proses pencabutannya. apalagi harus di kamar operasi karna kebetulan saya ke RS umum. tp jgn takut, karna di bius kok. waktu gunting tuh mau membelah kuku saya, disitu yg agk ngilu, terasa gitu nancep ke daging nya. oh iya, katanya bius gk bereaksi jika pasiennya itu sering minum alkohol.zzz. tp setelah dipotong kukunya clear deh masalah. yang belum taunya, apakah radang yg bekas cantengan tuh bakalan pulih?! soalnya blm ada reaksi nih. udah 5 hari masih biru aja jempol