Tanya Dokter

  • Gatal pada sekitar vagina dan muncul bintik kemerahan

  •  rafeillaaa
    Anggota
    Halo, Dokter. Area di sekitar miss V saya sudah 3 mingguan ini gatal-gatal, awal terjadinya karena saya tidak mengganti pembalut yang sudah dipakai lebih dari 12 jam. Semakin hari gatalnya semakin parah dan semakin banyak muncul bintik kemerahan di sekitar area miss V saya (sekarang sudah menyebar ke paha). Selain itu juga V saya mengeluarkan cairan putih kental yg sebelumnya jarang terjadi. Area gatal-gatal tsb sudah saya coba pakaikan beberapa obat pengurang gatal (seperti cala*dine) dan salep China (pi ka*ng suang) tetapi tidak kunjung sembuh & tidak juga membuahkan hasil. Apa gatal-gatal ini iritasi, Dok? Apa yang harus saya lakukan? Saya sering tidak tahan untuk tidak menggaruknya karena rasa gatal tsb sangat sulit untuk ditahan dan sangat menyiksa. Apa Dokter punya saran obat? Saya agak malu untuk pergi ke dokter kulit langsung, jawabannya sangat ditunggu Dok. Terima kasih

    Halo rafeillaaa.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya gatal pada organ intim, memang dapat saja disebabkan oleh karena pembalut saat menstruasi yang terlalu lama diganti walaupun sudah penuh, sehingga menyebabkan iritasi maupun kemungkinan suatu infeksi di organ intim.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : pemakaian cream atau cairan pemBilas vagina yang tidak cocok, tingkat estrogennya tidak stabil pada wanita menjelang menstruasi, bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain, penyakit menular seksual, penyakit kudis / skabies, infeksi jamur, kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis, stres psikologis, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya untuk mengobati kondisi yang Anda alami, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung. Sekedar informasi untuk Anda, gangguan kesehatan pada kulit apabila pengobatannya tidak sesuai dengan diagnosa pasti, maka dapat saja gangguan tambah memburuk ataupun tidak sembuh - sembuh.

    Oleh karena itu kami tetap menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, selalu jaga kebersihan organ intim, langsunglah ganti pembalut Anda apabila sudah terasa penuh, pake celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, ganti celana dalam setiap harinya, hindari mengaplikasikan bahan - bahan kimia tertentu ke organ intim seperti bedah / lotion / parfum / deodoran.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati