Tanya Dokter

  • penyebab jantung alami aritmia

  • Selamat pagi. Dok saya ingin menanyakan pagi ini saya mengukur tensi ayah saya tapi denyut jantungnya tidak seperti biasa, untuk frekuansinya normal tapi seperti keras dan lemah tidak beraturan DEG - deg - deg - DEG - deg - deg (yang saya tulis dengan kapital itu terdengar jelas dan yg kecil terdengar samar) , biasanya ritme jantung ayah saya tidak seperti ini dok. Sebagai informasi ayah saya sedang mengonsumsi Irbesartan setiap malam hari dan sebelum saya ukur tensinya itu ayah saya baru saja mendapatkan injeksi insulin novomix 18 IU. Ayah saya juga baru saja menjalani operasi pengangkatan gynecomastia seminggu yg lalu dan masih terpasang drain. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana keadaan ayah saya dok? Apakah itu termasuk aritmia dan apakah disebabkan oleh hal hal yang saya sebutkan ataukah muncul lagi penyakit yg lain yg disebabkan oleh diabetes ayah saya?
    Andari Restiana  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Andari,

    Denyut jantung dan denyut nadi memiliki beberapa komponen untuk dinilai seperti frekuensi, irama, dan juga tekanan nadi selain itu dapat juga dibandingkan lokasi kanan dan kirinya. Jika dirasakan iramanya tidak teratur maka dapat dikatakan sebagai aritmia untuk hal ini perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung, foto rontgen ataupun pemeriksaan echokardiogram.

    Aritmia sendiri adalah masalah ada irama jantung dapat terlalu cepat, terlalu lambat ataupun tidak teratur. Aritmia sendiri bermacam-macam jenisnya dan memerlukan pemeriksaan elektrokardiogram untuk melihat jenis-jenisnya. Beberapa penyebab aritmia diantaranya:

    • Ketidakseimbangan elektrolit dalam darah
    • Efek samping obat
    • Efek konsumsi kafein
    • Gangguan kelenjar tiroid
    • Diabetes yang meningkatkan risiko gangguan pada jantung dan pembuluh darah
    • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
    • Gangguan jantung seperti gagal jantung, penyakit jantung koroner, kelainan katup, penyempitan pembuluh jantung dan lainnya.

    Jika gejala disertai dengan rasa berdebar didada, kelelahan, pusing, sesak napas, nyeri dada atau sampai pingsan segera bawa orang tua Anda ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan.

    Untuk mencegah aritmia perlu dilakukan beberapa upaya seperti menjaga berat ideal, mengonsumsi makanan sehat, menghindari stres, mengonsumsi obat dari dokter sesuai petunjuk, tidak merokok dan membatasi konsumsi kafein, upayakan juga tetap beraktivitas ringan seperti berolahraga setelah luka operasi sembuh.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.