Tanya Dokter

  • penyebab dan pengobatan penyakit Rheumatoid arthritis

  •  Debby Ayuny
    Anggota
    hi doc, apakah penawar terbaik penyakit rhemotoid arthritis? apakah cara terbaik mengurangkan kekakuan pada waktu pagi ya doc?

    Halo,

    Rheumatoid arthritis (RA) merupakan peradangan menahun pada sendi sehingga menyebabkan sendi kaku, bengkak dan nyeri. Daerah yang sering terserang RA yaitu sendi di jari-jari tangan maupun kaki. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan gangguan di bagian tubuh lain, seperti kulit, mata, paru-paru, dan pembuluh darah.

    Gejala paling mengganggu pada RA adalah timbulnya kekakuan di sendi terutama saat bangun pagi. Sendi akan tampak bengkak, teraba hangat dan terasa nyeri. Beberapa pemeriksaan yang biasa disarankan diantaranya pemeriksaan lab darah untuk mengetahui laju endap darah dan CRP. Selain itu, foto Roentgen dapat disarankan untuk mendeteksi adanya kelainan di persendian.

    Nyeri, bengkak dan kaku di sendi tersebut diobati dengan obat pereda nyeri seperti obat golongan NSAID, kortikosteroid, obat antirematik seperti obat golongan DMARD. Terapi lain seperti bedah akan dipertimbangkan sesuai keparahan penyakit.

    Untuk mengurangi kaku tersebut, saran untuk Anda adalah:

    • mandi dengan air hangat sambil melakukan masase di daerah sendi yang nyeri secara perlahan
    • mengompres hangat bagian yang nyeri
    • berolahraga ringan sekitar 20 menit sehari, hindari gerakan berlebihan pada daerah yang nyeri
    • mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter

    Semoga membantu,

    dr.Mira