Tanya Dokter

  • tenggorokan sakit dan dada panas

  • selamat pagi dok, selama 2 hari ini tengorokan saya sakit seperti angin sendawa yang gak mau keluar trus dada saya juga panas , apa ini sakit asam lambung dok? trimakasih

    Hai, Berbagai jenis penyakit dapat menyebabkan rasa sakit pada dada, salah satunya adalah penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung atau yang dalam dunia medis dikenal dengan nama Gastroesophageal reflux Disesase (GERD) terjadi akibat adanya aliran naik asam lambung dari lambung ke kerongkongan yang menghubungkan lambung dan mulut. Pada kondisi tubuh yang normal asam lambung hanya berada di dalam lambung dan tidak mencapai kerongkongan. Hal ini menimbulkan beberapa gejala yang khas pada penyakit asam lambung, seperti :

    1. rasa panas / terbakar di daerah dada
    2. nyeri ulu hati
    3. rasa asam atau pahit pada mulut
    4. sulit menelan / terasa ada yang mengganjal ketika menelan
    5. tenggorokan sakit dan suara parau
    6. dan lainnya
    Namun untuk memastikan apakah yang menjadi penyebab gejala yang Anda alami sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan lebih detil mengenai keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan lain jika dibutuhkan seperti cek lab darah dan endoskopi. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan sakit asam lambung :
    1. makan lebih sering dengan porsi kecil
    2. jangan langsung berbaring setelah makan
    3. tidur dengan bantal yang ditinggikan
    4. hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
    5. hindari minum alkohol dan kopi
    6. berhenti merokok
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.