Tanya Dokter

  • sering mual hingga muntah disertai perut terasa tertekan

  •  steven
    Anggota
    Selamat sore dokter...saya sering sekali mengalami mual2 bahkan kadang seperti ada angin di dalam perut.mau ngerluar kan angin nya itu kadang sampai mau muntah dok.perut saya seperti ada tekanan bgtu...di tunggu jawaban nya dok...thanks

    Halo Sdr Steven,

    Terima kasih atas pertanyaanya,

     

    Mual dan kembung adalah gejala yang sering berkaitan satu sama lain dan yang membuat orang banyak berkunjung ke sarana kesehatan baik klinik maupun Rumah Sakit. Adanya mual dan kembung sangat erat kaitannya dengan adanya gangguan saluran pencernaan.

    Adapun beberapa kemungkinan yang terjadi saat seseorang mengalami mual dan kembung yaitu sebagai berikut:

    1.    Adanya peradangan pada lambung atau dikenal sebagai maag atau dalam bahasa medis dikenal sebagai gastritis. Kondisi ini biasanya disertai adanya nyeri epigastrium (ulu hati) yang biasanya semakin nyeri dengan penekanan. Dapat disertai dengan rasa mual, bahkan muntah.

    2.   Adanya penyakit GERD ( Gastroesophageal Refluks Disease). Kondisi ini ditandai dengan adanya mula, muntah, rasa panas atau terbakar di daerah dada. Akibat adanya peningkatan asam lambung ke arah kerongkongan.

    3.   Peradangan pada bagian usus buntu (usus buntu/appendicitis). Kondisi ini awalnya ditandai dengan nyeri  pada ulu hati dan setelah beberapa hari kemudian diikutin dengan rasa nyeri yang sangat hebat pada perut bawah kanan sehingga penderita tidak dapat melakukan pergerakan sama sekali. Adanya demam yang menyertai juga dapat terjadi karena adanya proses peradangan yang hebat. Selain kondisi yang akut (tiba-tiba). Penyakit usus buntuk juga dapat terjadi kronis (sudah lama berlangsung). Hal ini ditandai dengan adanya nyeri perut kanan bawah yang berulang, hilang timbul.

    4.   Infeksi saluran kemih. Kondisi ini ditandai dengan adanya nyeri pada perut bawah, adanya keluhan sering terasa sering buang air keci akrena adanya iritasi dari saluran kemih. Selain itu juga disertai dengan demam

    5.    Peradangan pada pankreas. Kondisi ini disebut sebagai pankreatitis akut. Kondisi ini ditandai dengan adanya nyeri yang sangat hebat di perut seperti diremas, mual, muntah, pembengkakan pada perut bahkan disertai dengan menguningnya bagian putih dari mata.

    6.   Peradangan atau infeksi pada jaringan hepar (hati). Adanya kondisi ini juga dapat disertai dengan demam, nyeri ulu hati, mual dan muntah.

    Dengan adanya kondisi  muntah  perlu dipertimbangkan juga adanya kondisi infeksi yang terjadi pada saluran cerna. Adapun yang bisa menyebabkan kondisi infeksi pada saluran cerna yaitu:

    -       Demam typhoid

    -       Infeksi usus

    -       Adanya infeksi virus pada saluran cerna

    -       Adanya keracunan makanan

    -       Dan lain-lain

    Untuk memastikan kondisi Anda sebaiknya dilakukan konsultasi langsung dengan dokter sehingga dapat dilakukan pengambilan data dari anamnesis dan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Dengan demikian, dapat diketahui penanganan yang akan dilakukan selanjutnya serta pengobatan yang lebih optimal.

    Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Tiwi