Tanya Dokter

  • Asam lambung kambuh hingga mengganggu tidur di malam hari

  • Selamat sore dokter Saya pria berusia 26 tahun, saya mempunyai riwayat asam lambung yang mudah kambuh.. Jika sudah kambuh membuat saya susah tidur krn perut perih, kembung dan susah buang angin Bagaimn solusi nya dok agar tidak menggangu tidur sy mlm hari? Dan apakah aman obat cair untuk penetral lambung saya konsumsi trus setiap pemykit ssya kambuh? Kemudian saya konsumsi induk kunyit yg saya minum sari saja disaat pagi.. Apakah itu baik tw tidak dok?

    Terima kasih dokter

    Halo, Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan. Asam lambung yang meningkat bisa dialami oleh siapa saja. Hal ini tentu bisa dipicu oleh berbagai kondisi. Gejala ini bisa mengganggu kapanpun asam lambung tersebut meningkat. Harus segera ditangani secara tepat agar gejalanya tidak mengganggu kita sehari-hari, termasuk saat malam hari. Kambuhnya asam lambung yang meningkat, bisa dipicu oleh berbagai macam hal, diantaranya :

    • pola makan yang tidak teratur
    • pengaruh psikis seperti stres
    • sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas
    • terlalu banyak/sering mengonsumsi minuman bersoda, kafein, atau beralkohol
    • sering merokok
    • sering mengonsumsi obat-obatan atau jamu untuk pereda nyeri
    • dsb.
    Perlu diwaspadai juga jika peningkatan asam lambung yang sering kambuh merupakan gejala dari beberapa penyakit pada lambung. Diantaranya seperti : Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan beberapa hal dirumah. Mulailah untuk menjaga pola makan secara teratur, hindari mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung meningkat, atur porsi makanan agar tidak terlalu kenyang. Kelola stres dengan baik, termasuk akibat dari pola tidur yang buruk yang bisa memicu asam lambung juga meningkat, sehingga disarankan untuk menjaga pola tidur dengan baik. Hindari juga segala hal pemicu asam lambung meningkat, seperti yang sudah disebutkan diatas. Obat penetralisir asam lambung seperti antasida memang aman untuk dikonsumsi ketika gejala ini kambuh. Namun, akan lebih baik jika pemicunya diketahui lebih lanjut agar dapat diberikan pengobatan yang lebih tepat. Segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan adakah penyakit yang memicu gangguan pada lambung, sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai. Disarankan agar tidak mengonsumsi bahan-bahan yang belum teruji secara klinis khasiatnya. Topik terkait : cara mengobati asam lambung di rumah Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.