Tanya Dokter

  • Mengatasi penyakit asam lambung yang sering kambuh

  •  Yuniya
    Anggota
    Selamat pagi dok , saya memang punya sakit asam lambung . Semenjak saya kerja asam lambung saya sering kambuh dan hampir tiap hari saya sakit perut kadang mual . Dan kalau kambuh kadang di perut bagaian kiri itu kalau sakit sampai ke pinggang . Apakah itu masalah yang serius dok ?

    Halo Yuniya, 

    Penyakit asam lambung atau bahasa medisnya adalah GERD (gastroesofageal reflux disease) terjadi ketika asam lambung mengalir naik ke kerongkongan/esofagus, karena otot pemisah antara lambung dan esofagus kurang berfungsi baik. Naiknya asam lambung ini bisa menyebabkan gejala panas pada ulu hati, sakit perut,  mual, muntah, kembung, tidak nafsu makan, dan gejala lain yang terkait. Penanganan dari penyakit asam lambung adalah dengan obat-obatan yang menurunkan produksi asam lambung dan harus diminum dalam waktu tertentu. Tetapi, selain obat-obatan juga harus disertai dengan perubahan perilaku, diantaranya adalah: 

    • Makan teratur dan tepat waktu
    • Makan dengan perlahan, kunyah dengan baik
    • Hindari makan porsi besar sekaligus, makanlah dengan porsi lebih sedikit/dibagi dengan frekuensi yang lebih sering
    • Hindari makanan yang berlemak tinggi, terlalu pedas, terlalu asam, bersantan, minuman bersoda, berkafein dan minuman beralkohol
    • Cukupi kebutuhan cairan dan serat
    • Jangan langsung berbaring setelah makan, tunggu beberapa jam

     

    Untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk Anda, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Bisa saja penyebabnya adalah hal lain, misalnya gangguan pada usus, ginjal, limpa, jantung, otot, atau persarafan. Anda dapat memeriksakan diri pada dokter spesialis penyakit dalam jika memang Anda sering mengalami nyeri perut tersebut dagar diperiksa lebih lanjut. Jika perlu dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi, USG, CT scan dan pemeriksaan lainnya untuk membantu menentukan penyebabnya. 

    Baca juga: Penyakit Asam Lambung

    Semoga bermanfaat, 

    dr. Mega