Tanya Dokter

  • Asam lambung tinggi apakah berdampak pada kandungan?

  • Ass. Dok saya mau tanya.. Saya sedang hamil 20minggu.. Saat asam lambung saya naik terasa panas di bagian perut hingga leher apakah ini mengganggu perkembangan janin saya.. Apakah berbahaya dan apa solusinya ya dok?? Terimakasih

    Halo Jessica.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sebagian besar ibu hamil memang dapat mengalami penyakit asam lambung atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai GERD ( gastroesophageal Reflux disease ), dimana hal ini adalah normal, karena dipicu oleh janin yang membesar dan rahim yang juga membesar sehingga makanan dan asam lambung tertekan naik ke kerongkongan.

    Umumnya penyakit asam lambung tidak akan mengganggu perkembangan janin. Akan tetapi apabila hal ini tidak diatasi dengan baik, maka dapat salah satunya mengurangi nafsu makan ibu, yang berdampak pada intake makanan ataupun minuman yang dikonsumsi, dan ujung-ujungnya akan menghambat perkembangan janin.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Mengonsumsi obat antasida yang dapat dibeli di apotik dengan bebas, dan minumlah sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan. Yang penting untuk di ingat === apabila diresepkan suplemen zat besi, jangan minum antasid pada waktu bersamaan dengan suplemen karena dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap zat besi.
    • Jangan merokok.
    • Makanlah dalam porsi kecil, tapi sering.
    • Jangan langsung berbaring setelah makan, tunggulah kurang lebih dua jam setelah makan baru berbaring.
    • Hindari mengonsumsi makanan yang asam, Pedas, berlemak, berminyak, bersantan, digoreng, coklat, tomat.
    • Konsumsi Yogurt atau segelas susu saat merasakan kemunculan gejala.
    • Gunakan bantal lebih tinggi jika berbaring.

     

    Akan tetapi jika setelah melakukan cara cara diatas kondisi penyakit asam lambung anda semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat melakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GERD

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati