Tanya Dokter

  • pengobatan alternatif untuk asam urat

  •  Putri Lestari
    Anggota

    met siang Dok, saya sudah menikah & umur saya 26th. TB 165cm, BB 72kg. Seminggu yang lalu saya coba tes asam urat di klinik. Dan tidak disangka hasilnya 9,7. Padahal pola makan saya sehat, tetapi selama 4th saya off berolahraga. Sudah hampir setahun, saya merasakan sakit di kedua tumit. Pernah saya berobat pengobatan alternatif Cina(sin she) katanya hal tsb dikarenakan darah kotor. Memang setelah meminum ramuan yg diberikan, hasilnya lebih baik dibanding sebelumnya saya sampai tidak bisa berdiri jika baru bangun tidur di pagi hari. Mohon bantuannya ya dok. Terima kasih sebelumnya ;)

    Hello,   Hiperurisemi adalah kondisi dimana kadar asam urat tinggi dalam darah. Kadar normal asam urat untuk wanita adalah 4-6 mg% sedangkan untuk pria berkisar 5-7 mg%. Jika kadar Anda melebihi kadar normal tersebut maka Anda mengalami hiperurisemi. Gejala hiperurisemi tidak akan langsung tampak begitu kadar Anda meningkat, tetapi semakin lama kadar asam urat Anda tinggi dalam darah maka akan terjadi penimbunana asam urat pada sendi yang kemudian baru akan menimbulkan gejala. Jadi secara kasar kemungkinan saat gejala timbul kadar asam urat Anda sudah sangat tinggi dan lama terjadi. Penyebab timbulnya asam urat adalah:

    1. Makanan = jeroan, daging merah dan makanan laut.
    2. minuman alkohol
    3. Minuman dengan kadar gula tinggi = softdrink, sirup dll
    4. Penyakit ginjal
    5. Diabetes
    6. Hipertensi
    7. Kolesterol tinggi
    8. Obat -obatan
    9. dll
    Gejala Hiperurisemia pada sendi adalah :
    1. Pembengkakan di sendi yang meradang
    2. Kemerahan di sendi yang terasa sakit dan meradang
    3. Rasa nyeri ( snut snut ) seperti tersetrum pada sendi
    4. Sendi susah digerakkan/ kaku
    5. saat radang mereda, kulit akan sedikit mengelupas
    Sendi yang bisa diserang asam urat adalah sendi pergelangan kaki ( biasanya jempol/ ibu jari), lutut, Siku, Pergelangan tangan dll. Untuk mengetahui kadar asam urat Anda, Anda dapat mengecek darah / urine Anda di laboratorium. Pengobatan asam urat yang tinggi adalah dengan :
    1. Menghindari makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat seperti jeroan, daging merah, seafood, ikan tuna, mackerel, tongkol, softdrink, makanan yang manis, melinjo, emping, dll
    2. Minum air putih 2 liter dalam sehari dapat membantu pengeluaran asam urat melalui ginjal.
    3. hindari minuman keras
    4. mengurangi berat badan jika Anda obesitas.
    5. mengkonsumsi vitamin C
    • Obat penurun asam urat
    Alopurinol/ probenesid / colchichine  yang dosisnya disesuaikan dengan kondisi medis Anda.   Semoga membantu.     dr. Yusi