Tanya Dokter

  • Asam urat tinggi dan cara mengembalikannya menjadi normal

  • Dok, mau nanya saya usia 22 thn. Kmrn saya cek uric acid, dan didapatkan hasilnya 7,9 mg/dL. Bagaimana penanganannya? Dan apa bisa kembali normal? Oh iya dok satu lg, ibu saya dan adik saya waktu di cek uric acid juga hasilnya didapatkan tulisan LO, berarti rendah kan ya? Terus pengananannya juga gimana? Terima kasih sebelumnya

    Rizka yang baik,

    pertama-tama izinkan kata "urat" pada asam urat bukan menunjukkan urat yang terdapat pada otot atau seperti urat yang bisa ditemui di rumah-rumah makan. Urat pada kata asam urat berasal dari kata uric dalam bahasa Inggris. Urat sendiri merupakan hasil pemecahan dari zat purin yang terkandung dalam makanan atau minuman yang kemudian mengalami metabolisme dalam tubuh menjadi uric acid. Kadar asam urat bervariasi tiap orang dan dapat berbeda rujukannya di masing-masing laboratorium. Secara umum rentang asam urat normal ialah :

    • Perempuan : 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
    • Laki-laki : 3.4–7.0 mg/dL
    • Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL

      Asam urat dapat tinggi umumnya disebabkan karena pola konsumsi orang yang banyak mengkonsumsi makanan tinggi zat purin seperti pada emping, babat, melinjo, daging merah. Namun kondisi lain seperti gagal ginjal juga berperan meningkatkan tingginya kadar asam urat karena ginjal sebetulnya berfungsi untuk membuang asam urat. Beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan tingginya asam urat seperti hipotiroidisme, obesitas, konsumsi alkohol terlalu banyak, dan penggunaan obat-obatan diuretik.

      Tentu untuk mendapatkan penanganan yang baik, perlu pemeriksaan yang lebih spesifik tentang ada tidaknya faktor-faktor lain yang mendasari tingginya asam urat Anda. Bila tidak diketemukan suatu penyakit tertentu, umumnya dengan mengurangi konsumsi makanan-makanan tinggi asam urat, maka kadar asam urat Anda akan kembali normal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan 2-3 liter per hari. Karena asam urat yang terlanjur tinggi dapat mengendap menjadi batu saluran kemih bila tidak segera "dibilas" dengan cairan yang cukup. Artikel berikut membahas mengenai kadar asam urat. Semoga bermanfaat.

       

      dr. N. K. Arief