Tanya Dokter

  • Bengkak pada kaki, asam urat kah ?

  • apakah pembengkak an pada kaki adalah termasuk gejala asam urat?? jika iya, apalah air kelapa dapat mengurangi asam urat?? terima kasih.

    Haii Shertin,

    Penyakit asam urat atau yang dikenal dengan gout arthritis adalah suatu penyakit yang timbul akibat penumpukan kristal monosodium urat pada jaringan yang awalnya didasari oleh hiperurisemia atau peningkatan kadar asam urat serum (lebih dari 7,0 pada laki-laki atau lebih dari 6,0 pada wanita). Faktor risiko munculnya penyakit asam urat antara lain genetik, kegemukan, konsumsi alkohol, dan pola diet tinggi purin.

    Gejala penyakit asam urat beragam, paling sering muncul sebagai pembengkakan kemerahan yang nyeri terutama di sendi ibu jari kaki. Dapat juga muncul pada sendi lain seperti pergelangan tangan/kaki, siku, tumit, dsb. Untuk menegakkan diagnosis asam urat juga diperlukan pemeriksaan tambahan, baik berupa pemeriksaan asam urat serum, analisis cairan sendi, maupun pemeriksaan radiologis.

    Untuk pengobatan stadium akut (ketika serangan muncul), dibutuhkan obat yang dapat mengurangi nyeri sendi atau peradangan seperti kolkisin atau obat antiinflamasi nonsteroid. Pengobatan di luar obat-obatan juga dapat dilakukan yakni dengan memodifikasi pola hidup seperti:

    • mengusahakan berat badan yang ideal
    • diet rendah purin (kurangi konsumsi kacang-kacangan, daging merah, bayam, alkohol, coklat)
    • meningkatkan konsumsi air putih

    Air kelapa mengandung elektrolit namun belum ada penelitian ilmiah yang jelas membuktikan manfaatnya untuk menurunkan asam urat. Meskipun demikian, mengonsumsi banyak air kelapa dapat kita asumsikan seperti mengonsumsi banyak air putih yang tujuannya tiada lain untuk mengeluarkan asam urat yang berlebih sekaligus mencegah penumpukan asam urat.

    Semoga bermanfaat, dr. Yoni Cahyati