Tanya Dokter

  • Kaki berdenyut dan lutut bengkak

  •  Rinny Shakila
    Anggota
    Halo dok Saya mau tanya,ibu saya sering mengeluhkan kakinya denyut dan lututnya bengkak ,awalnya kami kira asam urat tapi saat cek ke dokter semuanya normal ,kolesterol ,asam urat ,semuanya normal dok... Terus kami coba d urut mana tau terkilir tapi gk sembuh juga dok.. Dulu ibu saya sempat lumpuh 3 bulan dok,tpi ud sembuh walaupun jalannya seperti org pincang.. Jdi kira" penyakit apa yg d derita ibu saya dok ? Terimakasih dok 😊

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Beberapa kemungkinan penyebab keluhan yang dialami:

    -Pergeseran sendi (Dislokasi sendi) : sendi yang bergeser dari tempatnya seringkali karena benturan yang cukup kuat disekitar sendi

    -Gangguan pada tulang : dapat berupa retak atau patah tulang

    -Pengapuran (osteoarthritis)

    -Peradangan sendi (Rheumatoid arthitis)

    -Asam urat tinggi (arthritis gout)

    dan lain sebagainya

     

    Diperlukan informasi mengenai penyebab ibu anda lumpuh selama 3 bulan, apakah ada diagnosis tertentu dari dokter yang merawat ibu anda sehubungan dengan kondisinya? Jika anda menyertakan informasi tambahan dapat diketahui adakah hubungan kelumpuhan tersebut dengan keluhan yang ibu anda alami saat ini.

    Sebaiknya anda mengajak ibu anda berkonsultasi ke dokter spesialis ortopedi (spesialis tulang dan persendian) apabila nyeri menetap atau berulang. 

    Dokter akan memeriksa kondisi anda secara langsung dan mungkin akan menyarankan anda untuk melakukan foto rontgen untuk memastikan penyebab keluhan yang dialami ibu anda.

    Penanganan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan yang didapatkan, dapat berupa obat anti nyeri, fisioterapi hingga operasi sendi lutut.

     

    Beberapa anjuran untuk dilakukan dirumah:

    -Memakai sepatu / alas kaki yang nyaman dengan sol/bantalan yang mendukung bentuk kaki Anda.

    -Mengistirahatkan kaki yang sakit

    -Kompres bagian kaki yang nyeri dengan air dingin

    -Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. 

    -Konsumsi vitamin B kompleks 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia