Tanya Dokter

  • Keanehan pada kulit setelah minum obat asam urat

  • Hallo Dok, mau tny. Suami sy akir2 ini srg kena gout. Bli obat ndiri, allopurinol. Tp knapa hbs konsumsi obat itu, slalu ada bbrp bagian tubuh yg kulinya mbenyek. Srgnya di jari tangan. Apa itu tanda alergi? Apa ada obat lain yg sama atau lbh bagus, tnp efek samping dok? Trm ksh sblmnya

    Halo, Gejala pada alergi obat pada umumnya adalah kemerahan, gatal, sesak napas, mata berair dan pembengkakan. Pada beberapa orang dapat muncul gejala lain. Sedangkan pada allopurinol, efek samping sangat jarang terjadi tetapi menurut penelitian yang sering tampak adalah kemerahan pada kulit. Pada keluhan perubahan fisik seperti ini sulit menentukan penyebabnya karena perlu pemeriksaan secara fisik dan dilihat dengan kasat mata. Sebaiknya bila memang mengganggu kondisi ini diperiksakan ke dokter. Gout adalah kondisi dimana asam urat yang tinggi menumpuk di persendian. Asam urat adalah bentuk akhir metabolisme dari protein. Untuk mengetahui apakah memang benar yang dialami suami Anda adalah gout sebaiknya dilakukan pemeriksaan kadar asam urat. Sebaiknya hal ini dilakukan berkala. Allupurinol dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, tetapi selain itu pola makan dan pola hidup suami Anda juga harus diubah. Pada kondisi asam urat tinggi yang dibiarkan secara lama dapat menimbulkan komplikasi yang lebih berat terhadap ginjal. Semoga membantu, terimakasih