Tanya Dokter

  • asam urat atau kolesterol?

  •  Fifi Ratuliu
    Anggota

    dok,tangan sy sblh kanan mulai bahu kanan kadang sulit digerakkan trs berat n sakit ympk melepas baju sndri g bs kl pas sakit,kdg jg sembuh sendiri...itu gejala asam urat atau kolesterol kira2 dok...makasih

    Hai, Penyebab rasa sakit pada tangan seperti yang Anda alami dapat terjadi akibat berbagai macam sebab, tergantung dari struktur tubuh mana yang menjadi penyebab masalahnya. Masalah pada struktur tersebut seperti :

    1. pada otot -contohnya kram otot
    2. pada sendi - seperti asam urat, rheumatoid arthritis (rematik), osteoarthritis
    3. pada tulang - seperi patah tulang
    4. pada saraf - contohnya saraf terjepit (herniasi nukleus pulposus)
    5. pada ligamen dan tendon
    6. dan lainnya
    Untuk menentukan penyebab yang mendasari timbulnya keluhan yang Anda alami sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan pertanyaan terkait penyakit secara lebih mendetil, melakukan pemeriksaan fisik, dan akan melakukan pemeriksaan penunjang yang mungkin dibutuhkan seperti pemeriksaan lab darah, x-ray, CT scan, MRI, dan lainnya. Asam urat merupakan kondisi dimana terjadi penumpukan kristal urat di sendi akibat tingginya kadar asam urat di darah, sehingga terjadi peradangan pada sendi. Penderita asam urat umumnya mengeluhkan sendinya menjadi bengkak, merah, panas, dan nyeri. Sendir yang sering terkena asam urat adalah sendi jempol kaki, pergelangan kaki, jari tangan, pergelangan tangan, lutut dan sendi-sendi lain yang kecil dan terletak jauh dari sumbu tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut Anda dapat membuka halaman berikut : Asam Urat Sementara itu, kolesterol merupakan salah satu zat lemak pada tubuh. Kolesterol tertentu yang tinggi pada tubuh kita berpotensi untuk menyebabkan masalah, namun secara umum kolesterol yang tinggi tidak menyebabkan sakit pada sendi. Untuk membantu mengatasi rasa nyeri yang Anda rasakan, Anda dapat melakukan :
    • konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
    • fisioterapi
    • jangan mengangkat benda berat
    • istirahatkan tangan Anda yang sakit
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.