Tanya Dokter

  • Efek penyakit asam urat

  •  Bagja Hidayat
    Anggota

    Hallo, selamat pagi dok. Saya laki-laki berusia 20thn. Kadar asam urat saya pernah mencapai 10,7 dan saya mengalami sakit yg hebat di kedua kaki saya tapi sekarang sudah turun menjadi 5,9 dok tapi yang saya ingin tanyakan kenapa terkadang saya masih merasakan sakit di kaki saya dekat jempol padahal asam urat saya sudah turun. 10,7 itu kira-kira sudah sebulan yg lalu dan 5,9 itu baru saja di cek hari ini. Terimakasih dokter

    Bagja Hidayat  Bagja Hidayat
    Anggota

    Alodokter : "Istirahat aja, nanti juga sembuh" Saya : "Oke siap Dok, sangat bermanfaat"

    Hai Bagja, Asam urat yang tinggi dapat menimbulkan radang yang disebut dengan Gout arthritis. Peradangan ini terjadi saat kadar asam urat dalam dalam darah meningkat. Asam urat ini menyebabkan terbentuknya kristal urat yang mengendap di sendi sehingga menyebabkan nyeri yang tiba-tiba dan hebat, tampak kemerahan serta bengkak (reaksi inflamasi). Ada beberapa tahap pada gout:

    • Tahap tanpa gejala (asimptomatik), yaitu periode sebelum serangan nyeri pertama, tidak bergejala namun kadar asam urat dalam darah sudah tinggi dan kristal urat sedang terbentuk
    • Tahap akut, yaitu saat serangan nyeri muncul tiba-tiba setelah adanya faktor risiko sebelumnya seperti konsumsi makanan/minuman yang tinggi kadar asam urat (alkohol, soda)
    • Tahap interval, yaitu periode waktu antar serangan, setelah serangan akut reda. Bisa tidak ada rasa nyeri, namun asam urat masih ada. Sudah ada kerusakan sendi akibat inflamasi yang terjadi sebelumnya.
    • Gout kronis, yaitu terjadi saat penderita gout masih memiliki kadar asam urat dalam darah yang tinggi dalam beberapa tahun. Serangan sakit lebih sering dan tidak mudah mereda. Kerusakan sendi yang lebih parah dapat terjadi sehingga dapat menyebabkan pembatasan pergerakan.
    Serangan akut gout bisa berlangsung selama beberapa jam dan berangsur mereda dalam beberapa hari sampai 1 minggu - 10 hari. Nyeri dapat hilang seiring dengan konsumsi obat-obatan anti radang dan anti nyeri, serta obat penurun kadar asam urat. Namun, karena pernah terjadi reaksi inflamasi sebelumnya, maka kerusakan sendi mungkin telah terjadi, sehingga nyeri masih bisa dirasakan selama beberapa waktu dengan intensitas yang lebih rendah dibanding sebelumnya. Kadar normal asam urat untuk laki-laki adalah 3.4 - 7.0 mg/dL. Bila kadar asam urat meningkat melebihi kadar normal ini maka risiko terjadinya peradangan sendi akan meningkat. Kadar asam urat sendiri sangat dipengaruhi oleh pola hidup dan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging merah dan seafood serta minuman beralkohol dan soda yang mengandung kadar gula yang tinggi, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah secara akut, sehingga sewaktu-waktu serangan nyeri dapat terjadi. Diskusikan dengan Dokter atau Ahli Penyakit Dalam / Sp.PD tentang jenis makanan dan minuman yang meningkatkan risiko serangan asam urat serta terapi yang adekuat untuk menanggulangi serangan nyeri akibat gout. Tips yang dapat Anda lakukan:
    • Batasi konsumsi daging merah dan seafood
    • Hindari konsumsi minuman beralkohol dan soda
    • Hindari makanan jenis kacang-kacangan
    • Olah raga teratur
    • Periksakan kadar asam urat secara rutin
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma