Tanya Dokter

  • makanan dan buah untuk penderita asam urat

  • Pagi dok.. Makanan / buah apa yg dianjurkan bagi penderita asam urat,? Terlebih jika sedang kambuh dan ingin mengurangi rasa nyerinya.. Terimakasih dok.

    Hai Aldino, Penyakit asam urat atau artritis pirai adalah penyakit peradangan pada sendi yang menyebabkan pembengkakan, rasa panas, sendi yang memerah, disertai dengan rasa nyeri. Peradangan ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam sendi. Nyeri yang dirasakan pada telapak kaki bukanlah gejala khas untuk penyakit asam urat. Penyakit asam urat banyak diderita oleh pria dibandingkan dengan wanita. Penyakit ini banyak dialami oleh orang-orang yang suka makan makanan dengan kadar purin (salah satu jenis asam amino) yang tinggi (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan yang gemar minum minuman beralkohol. Selain itu, penyakit ini juga kebanyakan terjadi pada pednerita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik. Pengobatan penyakit asam urat bertujuan untuk meredakan gejala peradangan dan mengendalikan kadar asam urat dalam darah. Ketika serangan asam urat muncuk, pencerita disarankan untuk beristirahat, melakukan kompres es pada sendi yang terkena, dan meminum obat pereda nyeri golongan antiradang non steroid seperti ibuprofen, diklofenak, etoricoxib. Serangan ini biasanya berlangsung 3-10 hari. Ketika serangan terjadi, nyeri tidak dapat diredakan hanya dengan mengatur makanan Anda. Hal ini sama seperti mencegah banjir. Anda dapat mencegah banjir misalnya dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tetapi bila banjir sudah terjadi, tidak membuang sampah sembarangan saja tidak mampu untuk menanggulanginya. Anjuran untuk penderita:

    • hindari makanan yang mengadung purin tinggi  misalnya jeroan (jantung, hati, ginjal, dan otak), makanan laut (kerang-kerangan, kepiting, dan udang), daging merah, dan ikan yang banyak mengandung minyak (sarden, makarel, dan ikan teri)
    • hindari minuman beralkohol
    • perbanyak minum air putih
    • menjaga agar berat badan tetap ideal
    • banyak berolahraga
    • minum obat dan kontrol secara teratur
    Semoga membantu. dr. Aloisia