Tanya Dokter

  • bahaya mengalami asam urat pada ibu hamil

  •  Sri Wahyuni
    Anggota
    Dok sy mau tanya, makan ayam sama ikan goreng bbaikkah untuk penderita asam urat. Asam urat berbahaya kah untuk wanita yang sedang menjalankan program hamil? Makasih dok

    Halo Sri......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya asam urat perlu diwaspadai bagi wanita jika kadarnya melebihi 6,0 mg / dL, dan juga sudah menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas sehari - hari dimana dalam bahasa medis disebut sebagai penyakit gout.

    Asam urat sendiri merupakan salah satu hasil dari pemecahan zat purin di dalam tubuh, Purin adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Makanan yang mengandung purin berkadar tinggi akan membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat.

    Sedangkan penyakit gout timbul dikarenakan adanya peradangan pada sendi akibat dari tinnginya kadar asam urat ( pengkristalan asam urat di sendi ). Gejala yang dapat timbul diantaranya adalah : rasa nyeri pada persendian, nyeri di sendi - sendi jari, sendi yang terlihat kemerahan, sulit berjalan, dll.

    Mengonsumsi daging ayam dan ikan tertentu masih diperbolehkan bagi penderita asam urat. Akan tetapi hindarilah mengonsumsi ikan dari jenis : sarden, tuna, dan juga makarel.

    Batasi juga mengonsumsi : daging sapi, daging kambung, daging bebek, jeroan, kepiting, udang, makanan dan minuman yang manis, makanan yang mengandung ragi, minuman keras, sayuran : bayam, jamur, kembang kol, kacang polong, kacag panjang, kacang merah.

    Pelu Anda ketahui bahwa pada saat kehamilan biasanya penyakit asam urat jarang terjadi, hal ini disebabkan oleh karena meningkatnya kadar hormon estrogen yang akhirnya meningkatkan perlindungan terhadap penyakit ini. Jikalau ibu hamil menderita penyakit asam urat, kemungkinan hal ini adalah merupakan suatu komplikasi akibat meningkatnya kadar gula di dalam darah ( diabetes gestasional ).

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    PENYAKIT ASAM URAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati