Tanya Dokter

  • Gejala penyakit asam urat di telapak kaki

  • Assalamualaikum dok, saya mau bertanya mengenai ibu saya yang satu tahun terakhir ini merasakan sakit di bagian sendi telapak kedua kakinya. ibu pernah diperiksa ke dokter katanya gejala asam urat. ibu saya punya riwayat pengangatan rahim.  saya perhatikan ibu saya sehari-hari sering menyetrika lama dan sambil berdiri, sekarang beliau sering jalan dengan berjinjit, apakah hal itu menjadi penyebab utama ibu saya mengalami asam urat dok ? selain itu apakah asam urat dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain dok ?. terima kasih dok atas perhatian dan jawabannya

    Hai, Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang timbul akibat adanya peradangan pada sendi yang dipicu oleh adanya penumpukan kristal natrium urat di sendi. Penyebab terjadinya penyakit asa urat adalah akibat kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Asam urat merupakan suatu produk yang terbentuk akibat pemecahan zat purin di tubuh kita. Pada umumnya asam urat akan dibuang melalui urin dan sedikit melalui tinja. Namun kadar asam urat yang tinggi di tubuh dapat disebabkan oleh :

    • Konsumsi berlebih makanan yang mengandung kadar purin tinggi - seperti jeroan, hewan laut, kacang-kacangan
    • Sistem pembuangan asam urat dari tubuh terganggu - seperti gangguan pada ginjal
    Orang yang menderita penyakit asam urat umumnya mengeluh adantya nyeri pada sendi yang berlangsung 3-10 hari, dan dapat berulang berkali-kali dalam setahun. Nyeri sendi biasanya disertai bengkak, merah, dan panas pada daerah sendi yang terserang. Sendi-sendi yang rawan terkena penumpukan asam urat pada umumnya adalah sendi yang jauh dari sumbu tubuh seperti jari-jari kaki dan tangan. Untuk memastikan diagnosis dari penyakit asam urat selain dengan wawancara dan pemeriksaan fisik dokter umumnya juga akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan cairan sendi, dan x-ray. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan dan mencegah terjadinya penyakit asam urat :
    1. istirahat cukup
    2. konsumsi banyak air putih
    3. angkat tungkai / sendi yang sedang mengalami serangan jika berbaring dan hindarkan dari benturan
    4. kompres dingin pada sendi yang meradang
    5. jauhi makan yang mengandung kadar asam urat (purin) yang tinggi
    6. jauhi konsumsi alkohol
    Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengobatinya.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.