Tanya Dokter

  • Penanganan asam urat ,kolesterol dan hipertensi

  •  Tihamah Amah
    Anggota
    Aslm dok,,,asam urat sy sekarang 6,6 dari 8,gula dibawah 100 ,kolesterol187 dari 289,tensi masih naik turun 108 sd 126/81 dari 160/84 sekarang masih minum obat diovan 80 ,,,yg saya rasakan kepala pusing,sering lemas,terkadang di pipi dekat bibir suka keram kalau telat minum obat diovannya dan jari kalau pagi masih sulit menggenggam ,,,kenapa ya dok ,,,mohon sarannya
    Tihamah Amah  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Tihamah,

    Kondisi yang Anda alami merukan gangguan metabolik tubuh yang dapat dipicu oleh gaya hidup dan pola konsumsi makananan sehingga membuat beberapa kadar kimia darah meningkat seperti asam urat dan juga kolesterol.Tekanan darah kita sendiri bersifat fluktuatif dan dapat berubah ubah tetapi jika lebih sering diatas normal atau hipertensi maka perlu diwaspadai selain dengan mengonsumsi obat rutin juga dengan mengurangi asupan garam, menjaga berat badan ideal dan mengonsumsi makanan sehat.

    Obat yang Anda konsumsi rutin sendiri merupakan obat antihipertensi yang memiliki kandungan valsartan yang membantu untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang merupakan golongan obat antagonis angiotensi II yang bekerja dengan cara mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah turun dan meningkatkan pasokan darah dan oksigen ke jantung. Efek samping dari obat ini seperti sakit kepala atau merasa pusing, penurunan tekanan darah saat berdiri atau duduk dan membuat merasa kelelahan. Jika efek samping terus terjadi dan mengganggu aktivitas temui dokter untuk berkonsultasi mengenai gejala yang Anda alami apakah perlu untuk mengganti obat hipertensi dengan jenis lainnya.

    Kadar asam urat yang tinggi dapat menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri pada persendian seperti pergelangan tangan, jari-jari tangan, lutut, siku, telapak kaki, jempol kaki dan sendiri lainnya. Kadar asam urat normalnya pada pria adalah antara 3,4 - 7,0 mg/dL dan pada wanita adalah 2,4 - 6,0 mg/dL jika dari hasil tersebut berarti kadar asam urat Anda masih diatas normal. Untuk itu perlu dilakukan konsultasi kepada dokter yang memeriksa Anda apakah memerlukan tambahan obat untuk membantu menurunkan kadar Asam urat. Selain dengan obat, yang paling penting adalah untuk menghindari makanan-makanan yang tinggi purin yang nantinya dipecah oleh tubuh menjadi asam urat seperti olahan kacang, daging merah, seafood, jeroan hewan, dan juga beberapa jenis sayuran seperti melinjo, daun melinjo dan lainnya.

    Upayakan untuk melakukan diet sehat yaitu dengan lebih selektif memilih menu makanan dan menerapkan pola makan yang baik dimana makan sedikit dengan porsi kecil tetapi dengan frekuensi yang lebih sering 4-5 kali sehari. Selain itu upayakan untuk berolahraga secara rutin dan mengelola stres dengan baik. Cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak air dan beristirahat dengan cukup.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.