Tanya Dokter

  • Penyebab asam urat tinggi

  • Maaf dok, saya mau bertanya, umur 23 tahun, setalah saya melakukan cek lab, hasil asam saya tinggi, yakni 11,2 . Dan saya pun obesitas, apa ada hubungan nya ? Saya sering mengkonsumsi ikan laut tetapi bukan ikan asin , dan tahu tempe. Apa ada hubungannya ? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Halo Roby.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kadar asam urat yang tinggi tidaklah selalu disebut sebagai penyakit asam urat yang menyerang persendian atau dalam bahasa medis disebut sebagai Gout.

    Gout sendiri merupakan suatu kondisi yang menyebabkan nyeri yang tak tertahankan, bengkak, dan rasa merah serta panas di persendian. Sendi yang paling sering terkena adalah sendi di pergelangan tangan dan juga kaki.

    Banyak sekali orang berpikiran bahwa kadar asam urat yang tinggi dalam darah maka akan terkena penyakit asam urat, akan tetapi hal ini perlu diluruskan, bahwa pada orang yang memiliki kadar asam urat tinggi tidak selalu menderita penyakit asam urat. Kadar asam urat tinggi dalam darah yang dalam bahasa medis disebut sebagai hiperurisemia, hanya 1/3 penderitanya menderita penyakit asam urat.

    Hiperurisemia adalah kadar asam urat serum lebih tinggi dari 7 mg/dl pada lakilaki dan 6 mg/dl pada perempuan. Hiperurisemia dapat terjadi karena meningkatnya produksi asam urat atau menurunnya Pembuangan asam urat atau kombinasi keduanya.

    Obesitas dan juga pengkonsumsian ikan laut serta tahu dan tempe memang dapat menjadi pemicu tingginya kadar asam urat Anda. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk segera melakukan perubahan pola hidup, agar kadar asam urat tubuh Anda menjadi dalam batas normal.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    ASAM URAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati