Tanya Dokter

  • Asam lambung dan kecemasan

  • Assalamualaikum.Wr.WB

    Malam dok, sya mnderita asamlambung kurang lebih 4 bulan, perut panas , keringat dingin , parno , sesak nafas dan vertigo sudah makanan sehari2 sejak sakit ini. . . sering kali fikiran saya g karuan smpai ke yang aneh, sblumnya pas bulan puasa saya udh mendingn tapi setelah puasa kmbali lagi sensasi tadi bahkan nafas saya ngap2an , dan parno yang berlebihan . .

    saya mengkonsumsi lansoprazole,dompridone & fucoidan ( terapi 1 minggu ) dan orang tua saya malah menyarankan mengkonsumsi Inpepsa (sulcrafat)

    yang ingin saya tanyakan kenapa asam lambung bisa berakibat sangat mengganggu pada fikiran dok?

    Halo, Berdasarkan penelitian banyak persarafan, hormonal, dan neurotranmiter kimia yang menghubungkan otak dengan saluran pencernaan. Karena saling terhubung inilah maka gangguan pada saluran pencernaan dapat mempengaruhi fungsi kerja otak demikian juga sebaliknya. Penyakit asam lambung dapat mencetuskan serangan panik atau gangguan cemas dan sebaliknya serangan panik atau gangguan cemas dapat mencetuskan terjadinya penyakit asam lambung. Karena saling terhubung ini, maka harus dicari tahu terlebih dahulu apakah yang pertama kali mencetuskan keluhan yang kamu rasakan. Apakah penyakit asam lambungnya ataukah karena stress. Jika pencetus pertama kali tidak diatasi, maka keluhan yang kamu rasakan akan terulang berulang kali. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan :

    • Makan sedikit-sedikit tapi sering
    • Hindari memakan makanan berlemak, pedas, dan asam
    • Hindari faktor pencetus stress
    • Cobalah melakukan relaksasi
    • Hindari merokok
    • Perbanyak melakukan kegiatan yang positif seperti olahraga
    Silahkan menyimak diskusi berikut tentang Lambung dan serangan panik Stress dan asam lambung Semoga membantu, dr. Tri  

    Makasih banyak dok, sya seorang pemikir hingga terkadang sering jam makan di abaikan . . saya sudah banyak makan banyak selama sakit aslam ini, akan tetapi kenapa BB ( berat badan ) saya malah menurun? apa asam lambung mengurangi asupan nutrisi yang ada pada makanan yang kita makan?

    Afri Yenny Dyhevand  Lukmanul Hakim
    Anggota

    persis apa yg saya rasakan mba, gmn sekarang? apa sudah sembuh? kasih tipsnya dong,..

    Afri Yenny Dyhevand  Aya Sofia
    Anggota

    Ini jg yg sering sy alami mbak,perasaan cemas berlebih,pikiran g karuan.. Gimana keadaan mbak skrg?

    Afri Yenny Dyhevand  muksim sirait
    Anggota

    Sama dgn yg saya alami, bahkan cemas saya spt ketakutan, takut sendiri, takut mati, bahkan takut yg lain2,sepertinya kita butuh optimisme dr dalam, berdoa dan lebih yakin. Diantara teman adakah yg merasakan denyut jantung tdk normal sejak menderita asam lambung? Terimakasih

    Afri Yenny Dyhevand  Cayla Kagome
    Anggota

    saya jg mengalami hal yg sm ,,,mulai dri awal lebaran kmrin,,,,,perasaan tKutcemas was was,,,,sgt mengganggu aktivitas saya,,,apalagi ketika hawa udara dingin,,,,,wah,,,sy seperti mau pingsan?!.kata dokter ini jg asam lambung

    Afri Yenny Dyhevand  Citra Fitriani
    Anggota

    Pake Jelly Gamat saja mba Afri Yeni saya juga sembuh dengan cepat setelah konsumsi obat herbal jelly gamat dan sampai sekarang tidak pernah kambuh lagi .. saya sudah coba berbagai obat dari dokter dan obat herbal lainnya .. alhamdulilah saya di beri tahu oleh salah satu teman saya untuk konsumsi obat jelly gamat dan ternyata sembuh.. coba aja dulu mba obatin pake jelly gamat saya juga beli online di website ini https://obatmaagkronis2016.wordpress.com/

    Saya juga merasa seperti itu setelah terkena penyakit ini, dan danyut jantung saya juga bisa berdetak lebih kencang bahkan saya pernah berpikir apa saya jangan jangan saya kena penyakit jantung ? Tpi setelah saya sering browsing cari tau gejala nya gak ada mendekati ke penykit jantung mungkin memang benar saat terjadi asam lambung bisa membuat jantung berdetak tidak seperti biasanya dan satu juga saya juga setelah kena penyakit asam lambung, saat olahraga saya tidak pernah lagi kuat dlm berolahraga uluh hati terasa sakit. Apa kalian juga seperti ini juga saat berolahraga ?

    Afri Yenny Dyhevand  muksim sirait
    Anggota

    Mas jonni,kita persis,bahkan kl saya amati kadang denyut saya seperti berhenti sebentar,ada jarak antaracdenyut satu dan berikutnya,disamping itu saya merasa kepala sgt sering sakit,sakitbdi dahi,kening kiri kanan,atau bag belakang,sangat menyiksa,apalagi saat kita sering nahan lapar atau byk pikiran...

    selamat pagi. saya juga mengalami seperti itu seperti yang teman-teman sharing. bahkan sekarang saya masih belum sembuh. asam lambung sering kumat dan banyak pikiran-pikiran yg mengganggu terkadang jantung berdebar dan lemas. kdang saya merasa takut melakukan sesuatu. sebenarnya kata dokter asam lambung bisa naik akibat kecemasan dan ketakutan yg berlebih. jika ada yang pernah merasakan ini dan sudah sembuh mohon untuk solusinya.terimakasih

    Selamat pagi smw..sy jg merasakan spti itu sprti ada kecemasan,ketakutan yg berlebih,kdng suka menggigil gk karuan gk bs tidur..brusaha untuk gk stress tp perasaan sprti ketakutan ..cemas..sllu dtng trs gt.wt tmn2 yg sudah sembuh tlng di share yah.

    Afri Yenny Dyhevand  muksim sirait
    Anggota

    Saya rasakan hal2 yg menolong saya selama menderita asam lambung adalah perlu teman ngobrol,perlu ketawa dan plg utama keyakinan terhadap tuhan dan diri sendiri,mmg butuh waktu,tp setidaknya pikirannkita lbh plong dan lbh yakin. Saya juga pernah konsumsi getah gambir,dan saya rasa ada manfaatnya,pencernaan lbh plong. Getah gambir di endapkan dlm secangkir air panas br mendidih,endapkan saat malam,dan minum pagi2 br bangun tdr.

    iya mba diah intan kusuma aku juga sama mba sering banget ngerasa kaya orang takut apalagi aku perutnya karena asam lambung jadi buncit,begah dan kalau dikasih makan pasti rasanya kenyang dan perutnya kaya penuh gtu mba.tapi kalau BAB perutnya agak lumayan kecil juga mba.kadang perasaan takut ada"aja dan bahkan sampe cemas yang pernah sembuh tolong dong kasih tipsnya

    Assalamu'alaikum Yg kalian rasakan sama ky aku. Rasa ketakutan yg tiba" datang, sampe pikiran ga tenang. Adakah yg mau berbagi cerita sm aku. Bisa minta WA/pin bbm kalian???
    Afri Yenny Dyhevand  lutfikamil123
    Anggota
    Dear All .. Bgaimana skrg kondisi kalian...sudah sembuh kah..? Krna sya sdang mengalami hal serupa..dan ini sdah yg ke sekian kalinya.... Berharap ad terapi yg tepat untuk asam lambung ini..
    Afri Yenny Dyhevand  Hafizh Ais
    Anggota
    Sya juga mengalami hal yg sama, mau nanya kepada yg sudah sembuh. Obat apa yg dikonsumsi? Dan berapa lama?