Tanya Dokter

  • ASI yang semakin mengering

  • alodokter saya baru saja menjadi ibu,umur saya 27th,dari awal saya menginginkan yang terbaik untuk anak saya seperti memberikan ASI eklusif kepada bayi saya,tapi ASI saya tak kunjung deras,malah makin lama sepertinya mengering,padahal semua cara sepertinya sudah saya lakukan,seperti mengkonsumsi daun katuk,bayam,serta suplemen seperti pil penambah asi,sampai cara memijat payudara,saya jg berusaha dgn melakukan pumping 2 jam sekali,wamau hasilnya hanya membasahi dasar botolnya saja, apa masih ada kesempatan buat saya menyusui anak saya ya?

    Halo,   Jangan stress dan khawatir dulu , jika Anda merasa semua cara telah Anda coba maka Anda bisa menghubungi klinik laktasi terdekat di RS tempat Anda melahirkan untuk membantu payudara Anda menghasilkan lebih banyak ASI. ASI diproduksi oleh kelenjar pada payudara akibat pengaruh hormon prolaktin pada tubuh wanita. Biasanya hormon ini akan aktif saat wanita melahirkan bayi. Untuk memperbanyak ASI Anda, Anda bisa mengusahakan :

    1. Relaksasi untuk menghilangkan stress dan kecemasan
    2. Kelola stress
    3. Banyak minum air putih.
    4. Minum suplemen penambah ASI
    5. Istirahat cukup
    6. Minta dukungan keluarga
    7. Makan makanan bergizi tinggi
    Jika masih belum mendapatkan ASI yang banyak seperti yang Anda inginkan maka kunjungilah klinik laktasi terdekat untuk mengajarkan Anda cara memerah dan memijat payudara yang benar agar ASI banyak. Baca topik ASI Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    setelah 1 bulan berlalu apakah masih mungkin asi keluar dengan lancar?

    mohon jawabannya