Tanya Dokter

  • Asi menjadi encer setelah minum obat

  • Selamat pagi dok. Saya mau tanya , asi saya encer setelah saya minum obat mirasic paracetamol 500mg, dexymox forte 500mg, ponstalex 500mg, atmacid 300mg dan vitamin neurodex. Apakah asi saya tetap aman dicerna bayi saya yg baru berusia 3bln .

    Hallo Ibu Alfina

    ASI menjadi encer bukan berarti kualitasnya buruk atau kandungan gizinya lebih rendah dari pada ASI yang kental. Komposisi ASI berubah seiring pertumbuhan bayi, pada saat baru lahir tentunya berbeda kebutuhan gizinya  dengan bayi yang memasuki bulan ketiga, begitu juga dengan bulan ke enam.

    Bahkan menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI dibangi menjadi dua kategori, yaitu ASI awal (foremilk) yang bening dan encer karena tinggi kandungan laktosa dan protein pada masa awal menyusui, kemudian ada ASI akhir (hindmilk) yang jauh lebih pekat arena banyak kandungan lemak sebagai sumber energi dan pembentukan jaringan otak pada periode akhir menyusui. Selain ada juga kolostrum yaitu ASI pada saat periode awal bayi lahir yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi didalamnya.

    Obat-obatan yang dikonsumsi oleh Ibu, ada yang dapat disaluran melalui ASI jika dikonsumsi, untuk itu sebaiknya hindari konsumsi obat dengan kandungan asam mefenamat didalamnya pada saat sedang menyusui. Agar bayi Anda tidak mendapatkan efek dari obat tersebut. Meskipun begitu pada umumnya obat tidak akan membuat ASI menjadi encer, hanya saja zat obat tersebut ikut tersalurkan didalam ASI.

    Maka itu diharapkan agar Ibu kembali kontrol ke dokter agar dilakukan evaluasi kembali terhadap kondisi medis yang ibu alami saat itu, untuk mencari tahu apa sih penyebab pasti ASI Ibu menjadi encer, apakah merupakan fenomena wajar atau adanya suatu kondisi medis tertentu.

    Artikel terkait untuk disimak


    Demikian informasi yang dapat disampaikan

    dr. Arnold