Tanya Dokter

  • cara menangani asma saat kambuh

  • Dok, begini, saya punya temen di sekolah, dia itu punya penyakit asma. Saya bingung dok, bagaimana cara menanganinya jika asmanya kambuh saat bersama saya di sekolah, apa tanganan pertama yang harus saya lakukan ? Terima kasih atas jawabannya dok.

    Halo, Asma merupakan penyakit saluran napas dengan gejala sesak napas, batuk, dan mengi. Penyakit ini bersifat kambuhan dan disebabkan oleh inflamasi dapat dipicu oleh debu, dingin, serbuk sari, olah raga, infeksi paru,dll. Saat sesorang didiagnosis menderita asma maka dokter akan menggolongkan penyakit tersebut ke ringan, sedang atau berat. Kemudian dokter juga akan meresepkan obat yang diminum maupun obat semprot (inhaler) jika perlu dan dapat dikonsumsi sesuai anjuran dokter. Obat semprot juga dapat dipakai sesuai kebutuhan yaitu saat sesak. Asma ringan gejalanya: napas pendek, bunyi mengi, batuk, sesak Asma sedang gejalanya; bunyi mengi yang lebih keras, sulit bernapas, hanya dapat berbicara dalam kalimat pendek Asma berat gejalanya: sesak napas hebat, terengah-engah, sulit bicara lebih dari 1 kata, mulut dapat terlihat biru. Langkah-langkah yang dapat dilakukan jika Anda mendapati teman Anda terserang asma:

    1. Jika tergolong asma berat sebaiknya Anda langsung menghubungi ambulans, misalnya telepon ke 118
    2. Dudukkan penderita dalam posisi tegak sambil menenangkannya, jangan biarkan berbaring karena akan lebih sesak
    3. Jika memakai baju ketat sebaiknya dilonggarkan
    4. Jauhkan penderita dari hal-hal yang dapat mencetuskan asma, misalnya debu, binatang
    5. Bantu penderita untuk mengambil obatnya (inhaler)
    6. Jika tidak memiliki sendiri, dapat mengambil yang tersedia di kotak obat atau meminjam milik orang lain
    7. Penderita dapat memakai obat inhalernya, obat inhaler dapat dipakai 4 kali semprot dan ditunggu selama 4 menit, kemudian jika tidak ada perbaikan dapat diulang kembali
    8. Jika tidak ada perbaikan carilah pertolongan medis
    Artikel ini dapat dibaca: Asma Menangani asma Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar