Tanya Dokter

  • pengobatan asma karena keturunan

  •  keanyeaw
    Anggota

    Dok, saya punya riwayat asma keturunan. Agustus ini saya sudah mengalami 2x kambuh dengan jarak yg tidak begitau jauh yaitu awal bulan dan akhir bulan. sebelum sesak nafas terjadi pasti didahului dengan batuk juga disertai pilek. Untuk pertama kalinya saya dibawa ke igd dan di uap pada awal bulan agustus karena saat asma saya kambuh saya merasa saat itu nafas saya sangat pendek, untuk bernafas dada depan dan punggung terasa sakit dan punggung pegal. Saat kecil saya pernah menderita flek paru-paru, dan berobat jalan secara rutin. Dok, apakah yg saya alami ini merupakan penyakit kronis? Seperti asma yg sudah parah atau gejala penyakit lain? Apakah ada alternatif pengobatan agar saya dapat meminimalisir bahkan menyembuhkan asma saya?

    keanyeaw  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Teni, Pada dasarnya asma merupakan suatu penyakit yang kronik, ditandai dengan atuk kronik berulang, sesak, dan terjadinya penyempitan jalan nafas. Merupakan suatu penyakit yang didasari oleh proses alergi dan diturunkan, jadi pada dasarnya 'bakat' asma itu sudah ada dalam diri anda. Secara medis, asma tidak dapat disembuhkan karena merupakan suatu proses alergi,terutama pada asma dewasa,  sehingga tujuan pengobatan adalah untuk mengontrolnya. Pengobatan asma dilakukan secara berbeda-eda tergantung dari kekerapan kambuhnya dan keparahan gejala yang muncul saat serangan. Melihat dari apa yang anda sanpaikan dimana gejala hanya muncul 2 kali sebulan, maka masih termasuk dalam kategori asma intermiten yang biasnya hanya membutuhkan obat pelega yang digunakan jika diperlukan. Pada dasarnya terdapat beberapa hal yang perlu anda lakukan :

    • Cukup istirahat dan makan malakan bergizi
    • Hindari asap rokok, debu, dsb dengan mengenakan masker
    • Berloahraga teratur tetapi tidak berlebihan
    • Hindari udara dingin
    • Sebaiknya tidak memelihara hewan berbulu
    • Jangan mengenakan kasur/bantal dari kapuk
    • Konsultasikan dengan dokter masalah anda, jika serangan muncul anda dapat menggunakan pelega seperti salbutamol baik yang diminum ataupun yang semprot untuk menghilangkan gejala.
      Anda dapat membaca informasi lebih lanjut pada tautan berikut Asma demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.