Tanya Dokter

  • Penyebab sakit tenggorokan

  • dok awalnya saya skit tenggorokan trus flu dan lanjut batuk dan asma. tpi skarang asmanya si sembuh tpi batuknya jdi berdahak gitu trus sakit di bagian dada ampe nembus belakang klo minum air anget ska terasa. dan parahnya lgi tanyan dan kaki sya jdi gemetar terus. aga susah dikontrol. itu knapa ya dok? kira kira bisa sembuh ga trus obatnya apa. ada yg alami ga?? makasu
    Ema Astuti Al Muttaqien  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ema,

    Kondisi yang Anda alami dapat dipicu oleh pencetus awal berupa saluran pernapasan, flu, radang tenggorokan ataupun infeksi lainnya. Kondisi ini kemungkinan menjadi penyerta ataupun juga mencetuskan gejala penyakit jangka panjang yang sudah diderita sebelumnya seperti misalnya asma.

    Infeksi saluran napas sendiri meliputi hidung sampai saluran pernapasan bawah. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun iritasi akibat alergen seperti asap rokok, polusi, dan lainnya. Gejalanya dapat berupa batuk, pilek, nyeri menelan, demam, dada yang terasa sesak, sakit kepala, bersin-bersin dan gejala lain.

    Jika gemetaran yang dirasakan adalah menggigil maka hal tersebut merupakan respon tubuh yang berkontraksi berulang untuk mengatur suhu, pencetusnya dapat karena udara yang lebih dingin atau dipicu oleh demam. Untuk itu perbanyak minum air putih, dan ukur suhu tubuh jika dirasa meningkat untuk mengukur apakah demam atau tidak yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh diatas 37,5 derajat. Selain karena demam ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat tangan atau kaki gemetaran seperti kekurangan kadar gula, kelebihan konsumsi kafein, gangguan kelenjar tiroid dan penyebab lainnya. 

    Upayakan juga agar cepat mengatasi gejala saluran pernapasan yang timbul agar mencegah tercetusnya serangan asma yang Anda miliki, periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat dilakukan penilaian pada kondisi yang Anda alami dan diberikan penanganan yang sesuai.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.