Tanya Dokter

  • Pengaruh faktor genetik terhadap penyakit asma

  •  Yuditaw
    Anggota
    Dok saya mau tanya apa faktor keturunan itu mempengaruhi seseorang sakit asma ?

    Halo Yuditaw.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, asma merupakan suatu jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernafasan yang ditandai dengan Peradangan dan penyempitan saluran Napas yang menimbulkan sesak atau kesulitan bernafas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga dapat mengalami nyeri dada, batuk -batuk, dan timbulnya suara pada saat bernapas.

    Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit asma sampai saat ini menurut penelitian merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit asma. Selain hal tersebut, asma juga dapat timbul jika seseorang mempunyai faktor : alergi, mengidap penyakit infeksi paru-paru pada saat masih kecil, lahir dengan berat badan di bawah normal, kelahiran prematur, terpapar asap rokok pada saat masih kecil.

    Pengobatan asma sendiri dibagi menjadi dua tujuan, yaitu meredakan gejala dan mencegah gejala kambuh. Untuk mendukung tujuan tersebut, diperlukan rencana pengobatan dari dokter yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Rencana pengobatan meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat - obatan apa yang harus digunakan.

    Bilamana terjadi serangan asma dengan gejala yang terus memburuk, Meskipun sudah ditangani dengan obat - obatan, maka penderita harus segera mendapatkan penanganan di Rumah Sakit. Meski jarang terjadi, serangan asma dapat saja membahayakan nyawa. Bagi penderita asma kronis, Peradangan pada saluran napas yang sudah berlangsung lama dan berulang - ulang dapat menyebabkan penyempitan permanen.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati