Tanya Dokter

  • Asma dan jantung

  •  Amalia
    Anggota

    Assalamualaikum wr. wb

    selamat malam dok, saya mau tanya. saya punya penyakit asma namun akhir-akhir ini saya merasa tubuh saya lemas sekali dan susah untuk bernapas. Tangan, dada dan bahu terkadang terasa nyeri dan hilang tiba-tiba. Dulu saya selalu rajin minum obat asma namun berakibat alergi seperti mata bengkak dan gemetar hebat. kira-kira hal seperti itu menandakan penyakit apa yah dok? karena saya takut terkena penyakit jantung. Bulan kemarin saya cek trigliserida saya 98 mg/dl dan cholesterol total saya 170 mg/dl. mohon balasannya. wassalamualaikum wr.wb

    Amalia  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Untuk tingkat kolesterol yang tinggi, Anda dapat membaca pembahasannya di laman berikut: http://www.alodokter.com/kolesterol-tinggi http://www.alodokter.com/trigliserida Jika obat asma yang diberikan tidak cocok, segera kembali ke dokter dan minta alternatif pengobatan karena jika asma tidak terkendali, bisa berakibat fatal. Berikut adalah penjelasan mengenai asma dan pengobatannya: http://www.alodokter.com/asma Sangat penting untuk Anda mempunya obat untuk asma dekat dengan Anda terutama jenis pereda agar jika kambuh, dapat segera diatasi. Jangan ditunda untuk berkonsultasi ke dokter karena asma bisa saja mennyerang tiba-tiba. Dr Liyadi

    Amalia  Dr. Liyadi
    Anggota

    Jika Anda khawatir akan penyakit jantung karena alasan tertentu, periksakan diri ke dokter. Dengan mendengan jantung Anda dan menjalani tes pemeriksaan jantung seperti EKG, jantung bisa diperiksa secara lebih detail. Dr Liyadi

    Amalia  Amalia
    Anggota

    Terimakasih dok atas solusinya :) saya mau tanya lagi, ketika gugup / kaget pasti akan memicu serangan asma, dan keadaan tersebut tidak memungkinkan saya untuk meminum obat seperti teosal/salbutamol karena saya takut gemetar dalam kelas. kira-kira untuk mengatasi serangan seperti itu bagaiaman yah dok? :) terimakasih dan selamat malam.

    Amalia  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hindari situasi yang membuat Anda gugup atau terkejut. Kunjungi dokter spesialis respiratori untuk meminta obat alternatif yang bisa Anda toleransi tanpa menyebabkan gemetaran yang berlebihan atau obat untuk mengatasi gejala Anda semasa Anda mengonsumsi salbutamol. Jika gemetaran yang Anda alami tidak berlebihan atau terlalu mengganggu, pertimbangkan obat tersebut karena mungkin manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan efek sampingnya. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein karena dapat memicu gemetaran pada tangan juga. Dr Liyadi

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.