Tanya Dokter

  • Asma kambuh setiap hari

  •  Febi Budiono
    Anggota

    Dok,kenapa asma saya stiap hari kambuh ya?padahal saya sudah pakai masker untuk menghindari debu,asap. dan udara dingin,tapi tetap saja kambuh biasanya kambuh di malam hari.di kondisi yg seperti ini lebih baik pilih inhaler atau obat ya dok?trimakasih

    Halo,   Asma merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada saluran pernafasan sehingga saluran tersebut menjadi sempit, memproduksi banyak lendir dan menyebabkan gangguan sesak nafas. Penyebab asma belum diketahui secara jelas sehingga menghindari pemicu asma terkadang  menjadi hal yang sangat menyulitkan , namun beberapa pemicu asma sangat mudah dikenali antara lain adalah :

    1. asap rokok
    2. Bau menyengat seperti parfum, knalpot, asap sisa pembakaran dll.
    3. Minum alkohol, kopi, soda dll.
    4.  Alergi.
    5. dll.
    Pengobatan asma yang sering kambuh terutama malam hari sebaiknya menggunakan obat obatan. Penggunan inhaler bisa ditambahkan, namun biasanya bagus saat serangan akut saja. Karena sering kumat maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis paru untuk mengetahui pemicu asma Anda, dengan mengetahuinya maka Anda bisa menghindari pemicunya yang otomatis bsia mengurangi keluhan sesak Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.